13 Kecamatan Di Kabupaten Serang Alami Kekeringan Karena Musim Kemarau

13 Kecamatan Di Kabupaten Serang Alami Kekeringan Karena Musim Kemarau
13 Kecamatan Di Kabupaten Serang Alami Kekeringan Karena Musim Kemarau

Centralnews – Serang,13 Kecamatan Di Kabupaten Serang Alami Kekeringan Karena Musim Kemarau. Indonesia mempunyai iklim tropis yang menimbulkan 2 musim setiap tahunnya, musim kemarau dan musim hujan, musim kemarau terjadi antara Bulan Maret-September, sedangkan musim hujan terjadi antara bulan Oktober-Februari.

Saat ini di Indonesia sudah beberapa bulan mengalami musim kemarau, kemungkinan terjadi musim kemarau akan berakhir pada bulan September ini.

Salah satu wilayah Indonesia yang terkena dampak musim kemarau ada di Provinsi Banten yaitu di Kabupaten Serang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten mendata ada sekitar 13 Kecamatan di Kabupaten Serang yang mengalami dampak kekeringan.

“Dari Bulan Juli sampai akhir bulan September ini yang sudah kami tangani dan diberikan bantuan ada 10 Kecamatan. Sedangkan yang 3 Kecamatan masih dilakukan assesment atau validasi terkait bantuan air bersih,” kata Jhony koordinator operasi Pusat Kedaruratan Operasionap (Pusdalop) BPBD Kabupaten Serang saat ditemui diruang kerjanya, Rabu,(26/09/18).

Saat ini, masih kata Jhony, ada tiga Kecamatan titik terparah kekeringan, yakni Kecamatan Pontang, Tirtayasa dan Tanara. “Tiga wilayah ini kan didaerah pesisir, jangankan musim kemarau yang lumayan panjang, tidak hujan dalam waktu satu bulan saja kering wilayah ini, airnya juga payau, jadi kita harus jadikan titik khusus,” jelasnya.

Loading...

“Kami juga saat ini memberikan bantuan air bersih hampir perlima hari ketiga Kecamatan ini, tiap hari kerja,” tambahnya

Selama musim kemarau juga, pihaknya sudah menghabiskan 660.000 liter untuk memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.(Oki/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here