Book Launching ‘Sebelum Anda pergi ke Dokter Jantung’ Karya dr. Vito Damay

Book Launching ‘Sebelum Anda pergi ke Dokter Jantung’ Karya dr. Vito Damay
dr. Vito Damay dan bukunya

Centralnews – Tangerang,Book Launching ‘Sebelum Anda pergi ke Dokter Jantung’ Karya dr. Vito Damay. Ingin menjadi dampak, kata yang tepat bagi dr. Vito A. Damay SpJP(K), M.Kes FIHA FICA, dokter muda Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah yang merupakan alumni dan dosen  Fakultas Kedokteran (FK) UPH. Mengajar dan menjadi dokter tidak cukup baginya, ia ingin lebih berdampak lagi dengan menulis sebuah buku yang dapat menjawab beragam pertanyaan awam seputar penyakit jantung.

Bermodal pengetahuan dan pengalaman, dr. Vito membuat buku “Sebelum Anda pergi ke Dokter Jantung” yang mengupas mitos dan hoax seputar penyakit jantung yang resmi diluncurkan pada 28  September 2018 di  jatuh setiap tanggal 29 September.

Ini juga dilatarbelakangi pengalamannya ketika bertemu pasien yang sering telat menerima penanganan atau bahkan seharusnya tidak perlu menderita sakit jantung, karena diakibatkan oleh informasi yang salah.

“Masyarakat kita cenderung terlalu baik dan perduli, jadi ketika dapat informasi langsung ingin membagikan kepada orang lain. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang memudahkan untuk menyebarkan informasi tanpa terlebih dahulu memastikan sumber dan kebenaran dari informasi tersebut. Sehingga hal ini banyak menimbulkan penanganan yang telat dan salah dalam suatu penyakit, seperti penyakit jantung. Dari sini saya merasa butuh untuk mengupas ini semua dan membagikannya kepada publik dengan cara yang sederhana,” ungkap dr. Vito.

Book Launching ‘Sebelum Anda pergi ke Dokter Jantung’ Karya dr. Vito Damay
(ki-ka) Dr. Doddy Pramodo Partomihardjo, dr. Vito Damay, dan Dr. Roy Christian, SpJP(K), Mengulas Buku ‘Sebelum Anda Pergi ke Dokter Jantung’

Tidak hanya itu, fenomena sedikitnya dokter kardiovaskuler atau spesialis jantung semakin memantapkan dokter sekaligus presenter TV ini untuk membagikan ilmunya.

Loading...

“Misal bicara khusus Banten, fakta hanya ada sekitar 50 dokter spesialis untuk dibandingkan 11,5 juta warga banten. Sedangkan semua orang berhak menerima informasi tepat seputar kesehatan. Ini yang memotivasi saya mencari cara untuk berbagi informasi tepat kepada publik sebelum harus bertemu dokter,” jelas dr. Vito.

Mengenai bukunya, dr. Vito mengaku bahwa dalam menulis ia fokus agar bukunya dapat dimengerti oleh semua kalangan, baik yang berada di bidang medis maupun awam

Vito juga mengakui bahwa buku ini merupakan hasil latihan dari kegiatannya selama ini, yang rutin menulis artikel di platform website kesehatan seperti klikdokter com.

Bicara klikdokter, di tengah book launching ini juga hadir Dr. Doddy Pramodo Partomihardjo, SpM., ketua FIAKSI (Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia) sekaligus Co-Founder klikdokter.com menyambut positif buku dr. Vito.

“Masyarakat negara maju cenderung takut sakit, sehingga lebih menghargai sakit tanpa menghargai kesehatan dengan menjalani hidup yang sembarang tidak dijaga. Dan tugas sebagai dokter tentu tidak hanya menjadi penangan medis tapi mampu jadi komunikator. Saya harap buku ini bisa bangun perasaan berani untuk tidak sakit.”

Book Launching ‘Sebelum Anda pergi ke Dokter Jantung’ Karya dr. Vito Damay
dr. Vito A. Damay saat Talkshow

Tidak hanya dr. Doddy, Dr. Roy Christian, SpJP(K), FIHA, Ketua PERKI (Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia) cabang Banten, juga melihat buku ini sebagai cara bagus untuk mengetahui lebih awal seputar jantung.

“Penyakit jantung itu banyak jenisnya. Semua jenis penyakit jantung jika tidak diobati dengan tepat ujungnya jadi gagal jantung dan menghabiskan biaya yang sangat besar. Maka dari itu perlu mengetahui langkah tepat. Buku ini bagus untuk membuat masyarakat aware lebih awal. Memahami langkah preventif untuk mencegah penyakit jantung,” ungkap Dr. Roy.

Acara ini dihadiri kurang lebih 100 orang yang terdiri dari rekan kerja, pasien, mahasiswa, dan kerabat dari dr. Vito, serta publik. Melalui acara ini harapannya publik dapat sejak dini peduli terhadap kesehatan jantung. Tidak hanya itu menariknya melalui acara ini beragam benefit dapat diperoleh antara lain, kesempatan mendapat buku ini dengan harga spesial yang ditandatangani dr. Vito, konsultasi gratis seputar buku dan seputar sakit jantung dalam talkshow, juga kesempatan   kolestrol oleh tim dari Benecol.  Acara ini juga dilengkapi dengan hiburan musik dari para mahasiswa FK UPH juga dr. Vito yang turut bernyanyi menghibur para hadirin. (Mt/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here