Leo Agustino Anggap Bawaslu Kota Serang Tidak Jeli dan Tidak Memiliki Keberanian

Leo Agustino Anggap Bawaslu Kota Serang Tidak Jeli dan Tidak Memiliki Keberanian
Leo Agustino Anggap Bawaslu Kota Serang Tidak Jeli dan Tidak Memiliki Keberanian

Centralnews – Serang, Leo Agustino Anggap Bawaslu Kota Serang Tidak Jeli dan Tidak Memiliki Keberanian. Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Leo Agustino menilai Bawaslu Kota Serang sebagai lembaga yang mengawasi Pemilu tidak jeli dan tidak memiliki keberanian untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019 yang melanggar.

APK yang melanggar itu seperti yang dipasang caleg dibeberapa ruas jalan protokol di Kota Serang yakni di jalan Veteran, jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Jalan Ahmad Yani, Jalan Hasanudin, Jalan Jenderal Sudirman, jalan Pangeran Diponegoro, jalan Yumaga, jalan Ki Masjong, jalan Mayor Syafei, Ki Syam’un dan Jalan  Kho Tarnaya.

“Bawaslu sebagai pengawas semestinya jeli dan dapat mengambil tindakan tegas terkait dengan hal tersebut di atas. Walau, pendekatan informal pada Caleg bisa juga dilakukan oleh Bawaslu agar Caleg atau Tim Sukses Caleg menyadari kesalahan mereka terkait dengan pemasangan spanduk di tempat-tempat terlarang,” kata Leo , Kamis(11/10/18).

Menurut pengamat politik itu, koordinasi Bawaslu dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penertiban harus ditingkatkan agar penindakan terhadap pelanggaran berlangsung cepat. Saat ini, kata Leo pelanggaran yang dilakukan Caleg seolah seperti dibiarkan. “Ya. Masalah koordinasi antara Bawaslu dengan Kesbangpol linmas pun perlu diperbaiki. Agar pembiaran tersebut tidak berulang dan terjadi lagi,” ucapnya.

Leo menuturkan, dirinya mempertanyakan kepatuhan Caleg yang berani melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Namun, karena biasanya pemasangan dilakukan oleh pembuat spanduk, dalam hal ini, kata Leo, Caleg tidak sepenuhnya bersalah. “Meski demikian, seharusnya Caleg sudah memberi tahu pada pembuat spanduk untuk tidak menempel di daerah-daerah atau wilayah-wilayah yang dilarang. Ini harus menjadi catatan bagi para Celag bahwa kepedulian mereka menjadi penilaian para pemilih,” tuturnya.

Ketua Bawaslu Kota Serang, Faridi mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan satpol PP Kota Serang. Hasilnya, satpol PP akan melakukan penertiban dimulai hari ini (Kamis) hingga Senin mendatang. “Besok Kamis sampai dengan Senin, akan dilakukan penertiban oleh Satpol PP Kota, Provinsi, Dishub, KPU dan Bawaslu titik kumpul di kantor satpol PP kota sekitar pukul 08.00 wib,” ucapnya.

Menurutnya, penertiban itu akan dilaksanakan di sepanjang ruas jalan yang dilarang dilakukan pemasangan APK dan penertiban APK yang dipasang ditiang listrik dan pohon. “Ruas jalan yg dilarang oleh SK KPU dan APK yg dipasang dipohon dan tiang listrik,” ujarnya.(Mamo/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here