Sudirman Indra : Penggagas Menyimpan Air Dibawah Sungai

Sudirman Indra : Penggagas Menyimpan Air Dibawah Sungai
Sudirman Indra : Penggagas Menyimpan Air Dibawah Sungai

Centralnews – Tangerang, Program Menyimpan Air dibawah sungai merupakan program perdana Perumahan Triraksa Village 2, yang sedang dalam proses pelaksanaannya. Senin, (22/10/18).

Perencana Perumahan Triraksa Village Sudirman Indra mengatakan, bahwa ketersediaan air memang sangat terasa kurang, namun di sisi lain curah hujan yang sulit kita prediksi sehingga menimbulkan banjir di beberapa titik, persoalannya saluran air atau draenase yang kurang di perhatikan sehingga menimbulkan banjir, ini juga yang perlu kita pikirkan. Pada umumnya di kawasan Perumahan selalu kekuarangan air, dalam penelitiannya bagaimana caranya agar tidak kekurangan air kemudian di buat suatu konsep teknologi sederhana pembuatan yang bisa menampung air.

“Membangun Program Ide Gagasan perdana ini, dengan membendung Danau, Digali dengan kedalaman 20-60 meter, Luas penyerapan 1X2 meter,” ucap Koh Acin sapaan kesehariannya.

Dalam Program perdana ini merupakan contoh yang ada di Kabupaten Tangerang, di samping untuk kebutuhan rumah tangga juga bisa meredam banjir, karena air tidak langsung turun, akan tetapi masuk ke penampungan atau untuk di filterisasi.

Sudirman Indra : Penggagas Menyimpan Air Dibawah Sungai

Air yang tersedia berguna dalam jangka lama, ketika musim kemarau, air selalu tersedia, karena telah dipasang filter sebagai penyaring, agar air tetap bersih dan sebagian terserap tanah.

Penampung air ini, berupa Danau dengan kapasitas 1 Kilometer yang dapat dimanfaatkan untuk Ratusan Warga Perumahan.

Saat kemarau, banyak warga yang kekurangan air bersih, bahkan pemerintah setempat perlu mengirim air mengunakan truk tangki untuk memenuhi kebutuhan warga perumahan.

Sekilas tentang konsep dan fungsinya ini adalah model penampungan air yang terinspirasi dari kearifan lokal dengan teknologi sederhana guna memanfaatkan air  yang berlimpah untuk konservasi sumber daya air.

Konsep ini diyakini dapat melindungi kawasan dari genangan air pada saat curah hujan tinggi, dan memperkaya akan cadangan air, serta meningkatkan kualitas air, memperbaiki struktur tanah, mengatasi pencemaran air di sekitarnya.(Mad/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here