Pemilu 2019, Gakkumdu Tangsel Siap Tidak Pelanggar Pada Pilpres & Pileg

Foto: net, Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu Pemilu 2019 yang digelar Bawaslu.

Centralnews – Tangerang Selatan, Terkait pelanggaran pidana pemilu pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019, Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) siap menangani masalah tersebut.

Sebagai informasi, Gakkumdu yang dibentuk berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 7/2019 Tentang Pemilu. Selain Bawaslu, keanggotaan Gakkumdu beranggotakan personel Bawaslu, Polri dan Kejaksaan.

“Iya sebelumnya kita sudah keluarkan SK bersama antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan pada April hingga November 2018 dan sekarang diperpanjang untuk mengawal pemilu 2019 ini. Sehingga Gakkumdu begitu ada pelanggaran pidana pemilu sudah bisa kita tindak,” ucap Komisioner Bawaslu Tangsel Ahmad Jazuli usai Rapat Kordinasi Gakkumdu Pemilu 2019 di Resto Bupe, Serpong, Tangsel, seperti dilansir dari Tangerangnews.com, Kamis (25/10/2018).

Lebih lanjut, jika ada pengaduan, segera cepat akan ditangani. Pasalnya, perwakilan dari Kejaksaan dan Kepolisian akan berbagi tugas untuk berkantor di sekretariat Bawaslu Tangsel.

“Nanti akan ada yang piket. Yang bertugas (dari Polisi dan Jaksa) agar nanti ketika ada laporan dari awal pemenuhan syarat formil materiil dan di kajian awal kita bisa langsung bekerja bersama,” terang Jazuli.

Selain itu, Kasub Pra Penuntutan Kejari Tangsel Roni Bonatua Hutagalung mengatakan tugas Kejaksaan sendiri dalam Gakkumdu sama tetap sebagai Penuntut Umum.

“Tugas Kejaksaan sendiri dalam Gakkumdu ini sama tetap sebagai Penuntut Umum. Dan tadi yang kita bahas terkait in absentia dalam penanganan pidana pemilu seperti yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017,” pungkasnya. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here