Film Suku Baduy Yang Berjudul “Ambu” Siap Tayang

Film Suku Baduy Yang Berjudul “Ambu” Siap Tayang
Film Suku Baduy Yang Berjudul “Ambu” Siap Tayang

Centralnews – Lebak, Film Suku Baduy Yang Berjudul “Ambu” Siap Tayang. Suku Baduy telah di filmkan dan akan tayang perdana pada tahun 2019 mendatang.

Film harapan Skytree Picture itu berjudul Ambu, atau Ibu dalam bahasa Indonesianya, mengambil 90 persen lokasi syutingnya di wilayah Suku Baduy Luar.

“Ambu itu berkonotasi kearifan lokal Indonesia, yang bisa dibilang memulai semesta pertama, bermakna dari suku Baduy,” kata Farid Dermawan, sutradara film Ambu, saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Minggu (28/10/18).

Meski sudah menerima kehadiran masyarakat umum, namun tetap memiliki peraturan adat yang harus dipatuhi.

Termasuk saat syuting film Ambu, crew film dari Skytree Picture, tidak diperkenankan membawa genset sebagai sumber listrik hingga pencahayaan menggunakan lampu.

“Kita memilih Baduy, karena kearifan lokal merupakan warisan budaya. Masyarakat Baduy merupakan kelompok suku di Banten yang di wilayah Lebak,” terangnya.

Populasi masyarakat Baduy yang mencapai sekitar 26 ribu jiwa, memiliki karakteristik tersendiri mengenai sosok seorang Ambu, atau ibu dalam bahasa Indonesia nya.

Menurut Farid, Ambu merupakan sosok wanita Indonesia yang menjadi pondasi awal, pembangunan karakter sebuah masyarakat melalui anak nya.

Menggandeng penulis skenario Titien Wattimena, bintang utamanya pun merangkul Widyawati yang berperan sebagai Ambu Misna, lalu Laudya Cynthia Bella sebagai Fatma, hingga Baik Wong memerankan tokoh Nico.

“Semoga film ini membentuk masyarakat yang cerdas, kritis, dapat mendorong karya film Indonesia yang baik. Serta meningkatkan nilai kebudayaan bangsa Indonesia,” jelasnya.(Yandhie/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here