Warga Keluhkan Asap Pembakaran Sampah di TPA Jatiwaringin

Warga Keluhkan Asap Pembakaran Sampah di TPA Jatiwaringin
Warga Keluhkan Asap Pembakaran Sampah di TPA Jatiwaringin

Centralnews – Tangerang, Menderita sesak nafas. Sakit dialaminya diduga akibat asap dari arah TPA Jatiwaringin.

TPA Jatiwaringin, Kecamatan Mauk yang tidak jauh jaraknya dari pumikiman warga, diduga  ada pembakaran sampah hingga menimbulkan asap tersebut.

Samsul (42) yang merupakan menantu dari Ibu Sanah menceritakan, warga mengetahui akan diberi konpensasi berupa uang setiap bulannya dari Pemerintah, namun pada kenyataannya tak memdapatkannya hingga kini.

“Kalau asap sudah datang, mertua saya tidak mau keluar rumah, karena sesak nafasnya sudah parah, dan pihak kesehatan bisa dihitung datang kesini untuk memberikan pengobatan,” katanya, Kamis (01/11/18).

Ia pun menjelaskan mengenai pemasukan warga yang kesehariannya bekerja sebagai pemulung memang sangat membantu perekonomiannya.

Namun untuk ia sekeluarga adanya TPA tersebut tidak membantu perekonomiaanya, yang ada setiap hari asap dari sampah selalu ia rasakan dan jelas itu sangat menggangu.

“Saya hanya ingin adanya bantuan kesehatan yang benar-benar mengobati pernafasan mertua saya dan warga yang lain sampai sehat,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Syaifullah mengatakan, mengenai keluhan warga akan asap dari pembakaran sampah tersebut, ia katakan bahwa itu bukan dibakar, namun sampah tersebut terbakar dengan sendirinya dikarenakan faktor panasnya cuaca.

“Untuk perihal asap dari pembakaran sampah kita juga sudah antisipasi, kita sudah siapkan 10 alat semprot untuk memadamkan api beserta asapnya, tak hanya itu, kita juga menyiapkan Damkar untuk mengantisipasi hal-hal yang lain,” terang Syaifullah.

Ia juga sangat menyayangkan adanya isu warga yang meminta ditutupnya TPA Jatiwaringin tersebut.

“Jika TPA itu ditutup bisa ancur kita, pasalnya, TPA itu pun sudah banyak menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga setempat,” sesalnya. (Mad/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here