Dilanda Kekeringan, Air Sungai Keruh Digunakan Warga Untuk MCK

Dilanda Kekeringan, Air Sungai Keruh Digunakan Warga Untuk MCK
Dilanda Kekeringan, Air Sungai Keruh Digunakan Warga Untuk MCK

Centralnews – Pandeglang, Air Sungai Cipatujuh yang keruh dimanfaatkan oleh warga Desa Cibadak, Banjaran, Sindangresmi dan Ciguha, untuk keperluan sehari-hari.

Hal ini dilakukan lantaran sungai milik warga mengalami kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan di daerah mereka.

“karena kekeringan, jadi mereka itu pada datang ke kali untuk mandi, mencuci piring, cuci baju, juga ngambil air buat masak,” kata Oyok Agus Murod, Kepala Desa (Kades) Cibadak, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (02/11/18).

Tak hanya aktifitas MCK saja, namun mencuci perabotan rumah tangga hingga pakaian pun dilakukan di sungai, Lantaran warga kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau tiba.

Tak hanya MCK di Sungai Cipatujah, warga pun masih membuang hajat nya di dalam hutan atau warga biasanya menyebut dolbon. Lantaran, warga banyak yang belum memiliki kakus.

“Karena enggak ada MCK, masyarakat buang air besar di hutan. Dulu tahun 2017 dari Perkim (Dinas Permukiman) sudah dilist (di data), akan diberikan bantuan untuk pembangunan MCK, tapi sampai saat ini enggak ada pengerjaannya,” terangnya.(Yandhie/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here