Kunjungan Jokowi Ke Banten di Awali Dengan Berziarah Ke Sultan Pertama Banten 

Presiden Jokowi saat berziarah ke Sultan Pertama Banten, Sultan Maulana Yusuf, di komplek Masjid Agung Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.Sabtu (03/11/18)

Centralnews-Serang, Mengawali Kunjungan Kerja (Kunker) nya ke Banten Jokowi memulainya dengan berziarah ke Sultan Pertama Banten, Sultan Maulana Yusuf, di komplek Masjid Agung Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

“Beliau datang melihat terkait penataan Keraton Kesultanan Banten. Terus beliau ziarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin,” kata Tubagus (Tb) Abbas Wasse, Ketua Kenadziran Kesultanan Banten, ditemui usai menemani Jokowi berziarah, Sabtu (03/11/2018).

Bersama Kapolda Banten, Danrem 0604/Maulana Yusuf, hingga Gubernur Banten, Jokowi melihat-lihat penataan kembali situs bersejarah Kesultanan Banten.

Kini, di Alun-alun Masjid Agung Banten, yang dulunya kumuh dan dipenuhi Pedagang Kaki Lima (PKL), telah di tata dengan payung besar seperti di Masjid Nabawi dan berlantaikan marmer.

Usai berziarah, Jokowi yang tadinya mengenakan kemeja putih, berganti kostum dengan pakaian Jawara Banten warna hitam.

“Dia berbicara kalau satu tahun kedepan akan kembali datang kesini, setelah terpilih kembali sebagai presiden,” jelasnya.

Berdasarkan catatan sejarahnya, Masjid Agung Banten yang dibangun oleh Sultan Maulana Hasanudin, Sultan Pertama Demak sekaligus Putra Sunan Gunung Jati, yang berkuasa tahun 1552-1570 masehi lalu membuka Kesultanan Banten. Bangunan Masjid sendiri memiliki atap lima tingkat, mirip Pagoda, karena memang dibangun oleh arsitek China bernama Tjek Ban Tjut.

Pada sebelah kiri masjid, terdapat komplek makam Sultan Banten yang kerap di ziarahi, seperti makam Maulana Hasanuddin dengan Permaisurinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nashr Abdul Kahhar atau Sultan Haji. Sementara di serambi kanan, terdapat makam Sultan Maulana Muhammad, Sultan Zainul Abidin, Sultan Abdul Fattah, Pangeran Aria, Sultan Mukhyi, Sultan Abdul Mufakhir, Sultan Zainul Arifin, Sultan Zainul Asikin, Sultan Syarifuddin, Ratu Salamah, Ratu Latifah, dan Ratu Masmudah.(Yandhie/Sis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here