Jadi Tersangka di KPK, Taufik Kurniawan Tidak Dicoret Dari Caleg DPR

Foto: net, Taufik Kurniawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan suap.

Centralnews – Jakarta, Terkait ditetapkannya Taufik Kurniawan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ketua KPU Arief Budiman mengatakan Taufik tetap berstatus caleg DPR dan tidak di coret dari daftar caleg tetap (DCT).

“Tidak apa-apa itu. DCT ini kan sudah nggak bisa berubah, kecuali hal-hal yang disebutkan bisa mengubah itu misalnya orang meninggal,” kata Arief di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, detikcom, Jumat (2/11/2018) kemarin.

Lebih lanjut, Arief menuturkan, keputusan tersebut tidak bisa diubah diubah karena sudah ditetapkan dan saat ini sudah memasuki masa kampanye.

“Tergantung, inkrahnya kapan. Pertama, surat suara sudah di produksi tidak? Kalau sebelum surat suara di produksi, asalkan sudah inkrah, ya itu bisa kita keluarkan (dari DCT). Tapi kalau surat suara sudah di produksi, dia tidak keluarkan (dari DCT), tapi nanti diberitahukan kepada pemilih bahwa caleg ini telah inkrah putusannya. Berdasarkan ketentuan, kalau sudah inkrah, itu tidak memenuhi syarat,” terangnya.

“Kalau dia dinyatakan tidak memenuhi syarat, suaranya itu kan diberikan kepada partai. Kalau suaranya masuk ke partai kan dihitung sebagai kursi partai,” sambungnya.

Sebelumnya, Taufik Kurniawan ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan menerima uang Rp 3,65 miliar dari Yahya Fuad. Uang itu diduga terkait dengan perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada APBN-P 2016. Sprindik Taufik sendiri sudah terbit pada 18 Oktober 2018. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here