KNKT Sebut Pesawat Lion Air JT 610 Pecah Saat Tabrak Permukaan Air Laut

Foto: net, Serpihan Lion Air JT 610

Centralnews – Jakarta, Terkait perkembangan investigasi yang dilakukan terhadap jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menyampaikan pesawat itu pecah ketika menabrak permukaan air laut.

Hal tersebut terlihat dari serpihan dalam bentuk kecil yang ditemukan pada proses evakuasi.

“Kita lihat serpihan ini sudah dalam bentuk kecil. Itu menandakan pesawat menyentuh air dengan kecepatan cukup tinggi,” ucap Soerjanto saat memberikan penjelasan di depan keluarga korban di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, seperti di lansir dari detikcom, Senin (5/11/2018).

Lebih lanjut, Soerjanto menuturkan, keyakinan KNKT bahwa pesawat Lion Air itu jatuh di lokasi tersebut diperkuat dengan adanya keterangan saksi.

“Laporan dari yang kita wawancara, yaitu tugboat yang berjarak 1 nautical mile atau 1,8 kilometer, mereka melihat ada sesuatu yang masuk ke dalam air. Setelah itu, kapal tongkang itu melepas tugboat dan melihat ada serpihan yang sekarang kita temukan pada radius tidak lebih dari 500 meter,” terang Soerjanto.

“Jadi pesawat mengalami pecah ketika bersentuhan dengan air atau ketika impact terhadap air dan pesawat tidak pecah di udara. Kalau (pecah) di udara, serpihan akan lebar,” lanjut Soerjanto. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here