Olahraga Ringan Ini Dapat Mempertajam Ingatan, Ini Penjelasannya

Olahraga Ringan Ini Dapat Mempertajam Ingatan, Ini Penjelasannya
Foto: net

Centralnews – Serang, Memori merupakan salah satu organ yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, salah satunya dalam hal mengingat. Siapa yang tak ingin memiliki ingatan yang kuat untuk hal belajar ataupun bekerja. Namun, sering kali manusia tak luput dari lupa sehingga banyak yang mencari cara untuk mempertajam ingatan baik dari vitamin, pola makan, serta olahraga.

Fakta telah dibuktikan oleh para peneliti dari the University of California, Irvine (UCI) dan the University of Tsukuba di Jepang bahwa olahraga ringan saja bisa membantu Anda memiliki kekuatan memori yang lebih baik. Berikut seperti dilansir hellosehat.com

Penelitian ini dilakukan oleh dosen ahli syaraf University of California, Irvine, dan rekannya di University of Tsukuba, Jepang, dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan para lansia yang mengalami kekurangan fisik ataupun mental. Dengan olahraga ringan ini selain untuk kebugaran tubuh juga baik untuk fungsi otak.

36 orang dewasa muda yang sehat dilakukan penelitian dengan meminta mereka agar melakukan gerakan fisik ringan selama 10 menit. gerakan fisik ringan tersebut seperti tai cha atau yoga. Kemudian setelah sesi olahraga ini selesai, masing-masing orang dilihat aktivitas otaknya dengan menggunakan resonasi magnetik fungsional beresolusi tinggi (MRI).

Dari hasil pemeriksaan, ternyata para ahli menemukan bahwa orang  olahraga ringan selama setidaknya  10 menit memiliki kemampuan ingatan yang lebih baik. Biasanya, bagian otak tersebut akan mengalami penurunan fungsi ketika usia bertambah. Maka itu para peneliti menyatakan bahwa hal ini bisa mencegah demensia pada lansia.

Dilansir hellosehat.com, selain melakukan olahraga ringan selama 10 menit, melakukan kegiatan ini juga dapat mempertajam ingatan yaitu dengan:

Cukup tidur setiap hari

Olahraga Ringan Ini Dapat Mempertajam Ingatan, Ini Penjelasannya

Orang yang kurang tidur cenderung memiliki memori yang buruk, karena tidur berperan penting dalam fungsi otak salah satunya untuk memperkuat memori jangka pendek dan mengubahnya menjadi kenangan jangka panjang. Selain itu, tidur cukup juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu para ahli merekomendasikan Anda untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya demi kesehatan tubuh dan otak yang optimal.

Membatasi minum minuman beralkohol

Olahraga Ringan Ini Dapat Mempertajam Ingatan, Ini Penjelasannya

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol memiliki efek neurotoksik pada otak. Apalagi jika Anda terbiasa untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Kebiasaan buruk ini ternyata dapat merusak hipokampus, yaitu bagian otak yang berperan penting dalam ingatan. Untuk itu, agar kesehatan dan ingatan tetap terjaga, ada baiknya untuk tak hanya membatasi tetapi menghindari minuman yang satu ini.

Mengurangi asupan gula

Olahraga Ringan Ini Dapat Mempertajam Ingatan, Ini Penjelasannya

Mengurangi asupan gula mungkin menjadi salah satu cara mempertajam ingatan yang belum banyak diketahui. Penelitian menunjukkan ternyata mengonsumsi terlalu banyak gula dapat memperburuk ingatan dan mengurangi volume otak, terutama di area yang menyimpan memori jangka pendek.

Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 4.000 orang ini menemukan fakta bahwa orang yang sering mengonsumsi minuman manis seperti soda memiliki volume otak total yang lebih kecil dan memori yang lebih buruk. Oleh karena itu, kurangi asupan gula baik dari makanan maupun minuman yang Anda konsumsi sehari-hari demi ingatan masa tua yang lebih baik. (Shofi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here