Kritik Pemuda Mengisi Kemerdekaan Di 90 Tahun Sumpah Pemuda

Kritik Pemuda Mengisi Kemerdekaan Di 90 Tahun Sumpah Pemuda
Kritik Pemuda Mengisi Kemerdekaan Di 90 Tahun Sumpah Pemuda

Centralnews – Pandeglang, Sumpah Pemuda yang di dengungkan tanggal 28 Oktober 1928, telah berusia 90 tahun. Presiden Soekarno pun mengatakan bahwa ‘Berikan aku 10 pemuda. Niscaya akan aku guncangan dunia’.

Sebuah perkataan yang menandakan pemuda memiliki kekuatan luar biasa, untuk merubah dunia, termasuk menjadi pemimpin dengan berbagai tingkatan.

“Pasalnya, kepemimpinan di negeri ini masih didominasi para senior, yang relatif mengabaikan potensi pemudanya,” kata Rohman Setiawan, salah satu pemuda di Banten, Selasa (06/11/18).

Kini jumlah penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, jika setengahnya saja, maka ada sekitar 130 juta jiwa pemuda Indonesia yang bisa merubah negara ini.

Menurutnya, saat ini Indonesia masih bergulat dengan berbagai macam persoalan, seperti budaya, sosial, hingga kesejahteraan.

Menurut pria yang akrab disapa Omen ini, berdasarkan data dari Trading Economics, yang di akses pada 31 Oktober 2018, pendapatan perkapita Indonesia adalah 63 persen dari pendapatan perkapita dunia.

“Sebuah ironi tentunya, mengingat kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke,” terangnya.

Rohman pun menerangkan kalau Global Competitiveness Report, yang di akses olehnya pada 31 Oktober 2018, posisi Indonesia berada di urutan ke 37, jauh dibawah Singapura urutan ke nomor dua dan Malaysia berada di peringkat ke 18.

“Permasalahan yang tentu menjadi beban seluruh rakyat Indonesia, yang sebenarnya amat berharap pada generasi pemudanya, untuk bisa membawa perubahan signifikan bagi bangsa ini,” jelasnya. (Yandhie/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here