Tidurmu Kurang Namun Ingin Tetap Segar? Ini Tipsnya

Tidurmu Kurang Namun Ingin Tetap Segar? Ini Tipsnya
Foto: Ilustrasi

Centralnews -, Kita sudah sering mendengar bahwa pola tidur yang dianjurkan adalah tidur 7-8 jam dalam sehari agar tubuh mendapatkan energi yang cukup sehingga keesokan harinya kita dapat beraktivitas dengan keadaan segar.  Namun, tidak sedikit pula orang yang merasa kesulitan untuk tidur bahkan ada yang bisa tidur kurang dari 6 jam. Keadaan ini akan membuat tubuh lemas, pusing, sering merasa badmood serta sering menguap.

Jika kamu merasakan hal yang demikian, coba lakukan tips ini yang dilansir Vemale.com dan Womantalk.com

Buka Gorden

Saat bangun, biasanya tubuh masih malas bangun dan ingin kembali tidur. Agar tubuh memberi sinyal semangat, segera nyalakan lampu kamar atau buka jendela. Sinar matahari yang masuk akan membuat otakmu mengirim sinyal agar kamu bangun dengan lebih semangat.

Mandi air dingin

Psikolog olahraga, Melinda Niccil, menyarankan untuk bangun dan mandi air dingin untuk bersiap-siap menjalani hari yang panjang. Air dingin di pagi hari membantu Anda ‘bangun’ dan langsung membuat otak bekerja, karena asupan oksigen meningkat dan mempercepat sirkulasi ke anggota tubuh.

Jangan minum kopi

Mungkin kopi adalah pilihan terbaik menurut Anda jika tidak cukup tidur di malam hari. Tapi, kafein pada kopi justru menghambat produksi kortisol yang mengganggu ritme alam tubuh, padahal hormon tersebut membuat Anda merasa lebih terjaga. Saat kurang tidur, kopi juga membuat dehidrasi yang menyebabkan kegugupan dan sakit kepala

Jangan lupa sarapan dengan menu karbohidrat kompleks yang akan memberikan energi tanpa membuat kantuk.

Hindari jus buah dengan gula atau manis yang sangat terasa.

Saat mengantuk di kantor atau tempat kerja, lebih baik minum segelas air. Cara yang sangat mudah ini bisa membuatmu lebih fresh.

Kamu juga disarankan melakukan pemijatan pada telinga untuk memberi stimulasi energi ekstra. (Shofi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here