Bersama Kementerian PUPR, Dinas Perkim Bangun Program KOTAKU di Banten

Centralnews.co.id

Centralnews – Serang, Dalam rangka menyatukan persepsi dan pandangan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota se Banten untuk penanganan kawasan kumuh di Banten, Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Banten mengelar Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Provinsi Banten tahun 2018, yang berlangsung di Salah satu Hotel, Kota Serang, Rabu, (07/11/2018) kemarin.

Ino S Rawita selaku Sekertaris Daerah (Sekda) mengatakan, untuk mengurangi kawasan kumuh di Provinsi Banten perlu dilakukan koordinasi antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota agar adanya persamaan persepsi untuk mencerminkan satu peta, satu data dan satu  perencanaan.

“Program Kotaku (kota tanpa kumuh) merupakan program yang dilaksanakan secara nasional untuk membangun sistem yang terpadu untuk penanganan pemukiman kumuh yang dilakukan secara bertahap melalui pengembangan kapasitas daerah dan partisipasi masyarakat,” terang Ino.

Provinsi Banten ingin meyakinkan agar program Kotaku ini dapat berjalan dengan sukses, keberhasilan ini tidak bisa dilakukan hanya oleh Dinas Perkim atau oleh Dirjen cipta karya tetapi harus dikerjakan bersama-sama.

“Dengan lokakarya ini diharapkan ada masukan dari berbagai unsur diantaranya yaitu perguruan tinggi, unsur pemda Kabupaten/Kota, BUMN dan BUMD,” lanjut Ino.

Menurutnya, Banten akan menjadi Provinsi yang besar dengan dibukanya wilayah Kota Maja di Lebak dan dibukanya tol serang – panimbang, ini akan menumbuhkan kota yang ada di Banten.

Selain itu ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten, Tians Utami mengatakan, Lokakarya itu di Hadiri Bappeda Provinsi, Kabupaten/Kota, Dinas Perkim maupun Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan dan Pokja PKP Provinsi Banten, BUMN dan Akademisi.

“Lokakarya ini di dukung oleh pemerintah provinsi Banten maupun BUMN,” pungkas Tians. (Oki/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here