Bank Banten Siap Dukung Layanan Samsat Online Nasional

Bank Banten Siap Dukung Layanan Samsat Online Nasional
Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa (tengah) saat menandatangani nota kesepahaman mengenai Pengembangan dan Pemanfaatan Aplikasi Layanan Samsat Online Nasional bersama dengan Direksi Bank Pembangunan Daerah dan didampingi oleh Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Direktur Jenderal Bea (kiri) dan Cukai Heru Pambudi (kedua dari kiri), di Bali (15/11/18)

Centralnews – BALI, PT  Bank  Pembangunan  Daerah  Banten  Tbk.  (Bank  Banten)  selaku  Bank  kebanggaan milik  Masyarakat  Banten  kembali  mendapatkan  kepercayaan  dari  para  stakeholders.  Kali  ini Bank  Banten  bersinergi  dengan  Kepolisian  Negara  Republik  Indonesia,  Kementerian  Dalam Negeri  Republik  Indonesia  dan  PT  Jasa  Raharja  (Persero). Hal  tersebut  terwujud  dalam penandatanganan  Nota  Kesepahaman  (MoU)  mengenai  Pengembangan  dan  Pemanfaatan Aplikasi  Layanan  Samsat  Online  Nasional  Untuk  Pelayanan  Di  Wilayah  Administrasi/Hukum Pada  Provinsi  Banten,  di  Bali  (15/11/18).

Nota  Kesepahaman  tersebut  ditandatangani  oleh  Direktur  Utama  Bank  Banten  Fahmi  Bagus Mahesa,  bersama  Gubernur  Banten  Wahidin  Halim,  dan  Inspektur  Jendral  Polisi  Refdi  Andri, Direktur  Jendral  Bina  Keuangan  Daerah  Syarifuddin,  serta  Direktur  Utama  PT  Jasa  Raharja Budi  Rahardjo.  Acara  ini  juga  dihadiri  oleh  22  Gubernur  dan  20  Direksi  Bank  Pembangunan Daerah  (DKI  Jakarta,  Jawa  Barat,  Jawa  Tengah,  DIY,  Jawa  Timur,  Bali,  Aceh  Syariah,  Sumatera Utara,  Sumatera  Barat,  Sumatera  Selatan  dan  Bangka  Belitung,  Riau  Kepri,  Jambi,  Bengkulu, Lampung,  Kalimantan  Timur  &  Kalimantan  Utara,  Kalimantan  Selatan,  Kalimantan  Tengah, Kalimantan  Barat,  NTT  dan  NTB  Syariah),  empat  Direksi  Bank  Badan  Usaha  Milik  Negara  (Bank Mandiri,  BRI,  BNI,  dan  BTN),  serta  lima  Direksi  Bank  Swasta  (BCA,  Bank  Permata,  Bank  CIMB Niaga,  dan  Bank  Bukopin).

“Kami  berterima  kasih  kepada  Polri,  Kemendagri  dan  Jasa  Raharja,  karena  kerja  sama  ini merupakan  bentuk  kepercayaan  yang  diberikan  kembali  kepada  Bank    Banten  untuk mendukung  program  Layanan  Samsat  Online  Nasional. Sebelumnya  Bank  Banten  sudah bekerja  sama  dengan  Tim  Pembina  Samsat  Kepolisian  Daerah  (Polda)  Metro  Jaya  untuk layanan  e-Samsat  Banten  serta  dipercaya  untuk  bergabung  dengan  Samsat  Online  Nasional yang  digagas  oleh  Korlantas  Polri  dan  Pembina  Samsat  Tingkat  Nasional.  Sehingga  acara  hari ini  melanjutkan  kerja  sama  yang  sudah  terjalin  selama  2  tahun”  jelas  Fahmi.

Kerja  sama  ini  dilakukan  dalam  rangka  mendukung  Layanan  Samsat  Online  Nasional  guna pelayanan Pengesahan STNK, pembayaran secara online Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan  Wajib  Dana  Kecelakaan  Lalu  Lintas  Jalan  (SWDKLLJ)  dalam  memberikan kemudahan  dan  kecepatan  pelayanan  kepada  masyarakat  melalui  jaringan  elektronik  yang dimiliki  oleh  perbankan.

“Bank  Banten  siap  untuk  mendukung  layanan  Samsat  Online  Nasional  melalui  e-Samsat Banten yang memudahkan masyarakat untuk membayar PKB dan SWDKLLJ di seluruh jaringan kantor  dan  jaringan  elektronik  Bank  Banten.  Para  Wajib  Pajak  (WP)  cukup  mendatangi  Kantor Cabang  Bank  Banten  yang  ada  di  seluruh  Indonesia,  ATM  Bank  Banten,  serta  tujuh  Kantor Samsat  di  wilayah  Banten  sehingga  proses  pembayaran  lebih  efisien  dari  segi  waktu  dan biaya”  lanjut  Fahmi.

Samsat  Online  Nasional  sendiri  bertujuan  untuk  meningkatkan  pelayanan  Pembayaran  Pajak Kendaraan  Bermotor  (PKB),  Sumbangan  Wajib  Dana  Kecelakaan  Lalu  Lintas  Jalan  (SWDKLLJ) dan  Penerimaan  Negara  Bukan  Pajak  (PNBP),  serta  Pengesahan  Surat  Tanda  Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

“e-Samsat Banten saat ini sudah tergabung dalam Samsat  Online Nasional,  sehingga  diharapkan  bisa  meningkatkan  kesadaran  para  wajib  pajak  untuk melakukan  kewajibannya  dalam  membayar  pajak  ,  selain  itu  prosesnya  juga  lebih  mudah  dan efisien”  tambah  Fahmi.

Guna  menunjang  program  Samsat  Online  Nasional,  Bank  Banten  terus  melakukan  penguatan infrastruktur  dan  menambah  jumlah  jaringan  yang  tersebar  di  Indonesia.  Seperti penambahan  jumlah  ATM  di  ruang  layanan  publik  seperti  di  Rumah  Sakit,  Kantor Pemerintahan  yang  melakukan  pelayanan  kepada  masyarakat  dan  di  pusat  perbelanjaan serta  mini  market.   Selain  itu,  saat  ini  Bank  Banten  menggunakan  EDC  (electronic  data  capture)  untuk  melakukan transaksi  pembayaran  untuk  menjunjang  program  e-Samsat.  Sehingga  Bank  Banten  dapat memberikan  kemudahan  pelayanan  perbankan  bagi  instansi  pemerintah  maupun masyarakat. Hingga  Oktober  2018,  Bank  Banten  telah  memiliki  26  Kantor  Cabang,  10  Kantor  Cabang Pembantu,  4  Kantor  Kas,  11  Payment  Point,  5  Smartvan  dan  142  Unit  ATM  yang  melayani nasabah  di  wilayah  Banten  dan  kota-kota  besar  di  seluruh  Indonesia. (Sis/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here