Lima Cara Amankan Ponsel Dari Pencurian

Lima Cara Amankan Ponsel Dari Pencurian
Foto: Ilustrasi Pencurian handphone

Centralnews – Serang, Pencurian terjadi bukan hanya karena niat seseorang saja, tetapi terkadang terjadi karena ada kesempatan. Nah kesempatan-kesempatan ini biasanya terjadi karena kelailaian kita sendiri, lalai dalam menjaga barang-barang berharga yang kita miliki. Apalagi jika barang tersebut bernilai jutaan pasti akan menjadi incaran bagi para pencuri yang siap mengambilnya disaat ada kesempatan.

Seperti ponsel misalnya, ada banyak sekali jenisnya seperti android, iphone, blackberry, dan banyak lagi lainnya yang memiliki harga jual cukup tinggi. Jelas ini akan menjadi incaran maling-maling agar mereka bisa mendapatkan uang dengan menjualnya kembali. Makanya kalian harus benar-benar mengamankan ponsel dari pencuri, jangan sampai kalian mnyesal karena kehilangan ponsel kalian.

Berikut Ini Cara Amankan Ponsel Dari Pencurian seperti dilansir henpontop.com

  1. Gunakan aplikasi anti maling

Ada banyak sekali aplikasi anti maling atau aplikasi pengaman yang tersedia untuk smartphone, yang bisa kalian download dengan mudah di apps store. Pilih aplikasi pengaman yang bagus utuk hp kalian.

  1. Jangan Letakan ponsel tanpa pengawasan

Jika barang berharga diletakan di tempat yang jauh dari jangkauan pengawasan kita tentu akan lebih memudahkan pencuri mengambilnya. Jadi buat kalian yang sering lalai dalam meletakan barang, mulai sekarang hindari itu semua.

Juga jangan meninggalkan ponsel di dalam kendaraan dalam keadaan mudah terlihat, jangan juga menggunakan ponsel di dalam kendaraan umum karena ini bisa memancing seseorang untuk mengambilnya.

Begitu juga ketika kalian sedang menunggu di tempat umum, usahakan jangan menggunakan. Apalagi jika di tempat sepi yang jauh dari keramaian karena ini beresiko ponsel anda akan di jambret.

  1. Ketahui nomor IMEI ponsel kalian

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Setiap ponsel smartphone memiliki IMEI yang berbeda bertujuan untuk membedakan antara satu ponsel dengan ponsel yang lainnya, jadi bisa dikatakan IMEI adalah identitas sebuah ponsel.

Kebanyakan orang yang melaporkan kehilangan ponselnya, pasti tidak mengetahui berapa nomor IMEI yang ada pada ponsel mereka.

Jadi bagi kalian pengguna ponsel android nomor IMEI biasanya terletak pada bagian belakang baterai atau di kotak hp itu sendiri, sedangkan iPhone ada di tutup bagian belakang. Jika kalian tidak mau repot membongkar ponsel untuk melihat IMEI bisa melakukan panggilan ke nomor berikut *#06# tapi hanya beberapa ponsel saja yang bisa menggunakan itu. Kemudian kalian catat dan simpan nomor IMEI ponsel kalian untuk berjaga-jaga jika kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

  1. Simpan data cadangan di penyimpanan data online

Ini bertujuan agar ketika hp kalian hilang, kalian tetap bisa mendapatkan data penting yang ada di hp kalian dengan mengambilnya di penyimpanan online. Ada banyak sekali tempat penyimpanan data secara online misal google drive, dropbox, dan banyak lagi lainnya.

Sehingga cukup hp saja yang hilang, jangan datanya.

  1. Pasangkan pengaturan pelacak ponsel ( pasang aplikasi pelacak ponsel )

Sebelum terjadi hal yang buruk pada ponsel kalian. Pasang aplikasi pelacak ponsel, kalian bisa mendapatkan aplikasi semacam ini di play store. Cara menggunakannya juga mudah, tinggal aktifkan GPS dan masuk dengan akun yang ada di ponsel kalian. (Shofi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here