Cara Cerdas Sebelum Belanja Online, Kamu Harus tau!

Cara Cerdas Sebelum Belanja Online, Kamu Harus tau!
Foto: Ilustrasi

Centralnews– Serang, Sistem jual beli online sudah menjadi kegiatan yang tidak asing lagi di zaman sekarang ini. Karena lebih praktis, tidak perlu ke toko, hanya perlu bayar dengan kartu dan tunggu barang datang. Namun, banyak juga lho orang yang masih belum tahu cara aman berbelanja di toko online. Kalau tidak hati-hati, kamu bisa tertipu dan rugi.

Dilansir Hipwee.com, agar hal tersebut tidak terjadi, yuk jadi Smartbuyer dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Percayakan uangmu pada situs yang memang terpercaya dan aman

Sebelum kamu memutuskan membeli barang, pastikan bahwa situs atau penjual yang berhubungan denganmu itu memang terpercaya. Situs tersebut bisa di facebook, instagram, aplikasi dan lain-lain.

Bagaimana kamu bisa tahu bahwa situs itu terpercaya? Pastikan bahwa situs tersebut mencantumkan alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Selain itu, browsing dulu ulasan dari orang-orang yang pernah berbelanja di situs itu sebelumnya. Tanggapan pelanggan yang positif adalah tanda bahwa situs ini memang terpercaya. Jika ada ulasan yang negatif? Pertimbangkan seberapa profesional situs tersebut menanggapinya.  

2. Jangan tergiur dengan harga barang yang murah. Pastikan kalau barang itu punya kualitas.

Penting untuk diingat, jangan tergiur dengan harga murah yang diberikan situs tersebut. Kalau kamu mau membeli barang, jangan hanya perhatikan harga, tapi perhatikan kualitas barang tersebut. Kamu pasti punya alasan kenapa kamu membeli barang tersebut secara online. Harga boleh murah, tapi kalau kualitas murahan? Nanti menyesal, loh…

3. Jangan gampangkan rincian produk yang tersedia

Di setiap situs jual-beli pasti ada rincian produk yang akan kamu beli. Kalau kamu tertarik membeli barang keperluan rumah tangga,  pastikan barang tersebut dalam  kondisi baik. Perhatikan ukuran barang yang ada di gambar, dan perkirakan produk itu sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau masih ragu, jangan malu bertanya langsung ke toko online tersebut.

4. Pilihlah situs yang menyediakan  fasilitas pembayaran COD (Cash On Delivery)

Cash on Delivery atau sistem bayar langsung saat kamu terima barang bisa memperkecil risiko pembelian barang secara online. Sistem ini baru menjamur 2 tahun terakhir, dan awalnya hanya untuk kota-kota besar. Tapi kini banyak juga kok situs belanja online yang menyediakan sistem COD di kota-kota kecil di Indonesia.

5. Kalau kamu diminta uang muka (DP), sebaiknya batalkan saja transaksinya

Beberapa penjual akan meminta kamu mengirimkan uang muka (DP) sebelum membeli barang. Kalau begini kasusnya, sebaiknya batalkan saja transaksimu. Ini bisa jadi adalah skema penipuan. Kalau kamu asal percaya, bisa-bisa kamu menjadi korban berikutnya.

6. Lihat tanda kunci di status bar untuk memastikan situs yang kamu pilih itu aman

Penting untuk kamu ketahui: situs yang aman adalahsitus yang mempunyai SSL (Secure Sockets Layer). Situs yang punya SSL pasti diawali dengan “https://”. Ketika kamu mengaksesnya, akan ada simbol gembok di ujung status bar peramban kamu. Jadi, kalau kamu buka situs belanja online yang nggak bertanda gembok, jangan pernah membeli apapun dari situs tersebut.

7. Bandingkan harga barang di suatu situs dengan situs belanja online yang lainnya

Setiap situs belanja online pasti punya perbedaan dalam segi harga barang, ongkos bungkus, dan ongkos kirim. Bandingkan harga total suatu barang di situs A dengan situs B, C, dan D. Pilih harga terbaik yang bisa kamu dapatkan.

8. Simpan bukti transaksimu. Jangan sampai itu terselip!

Langsung simpan dengan baik bukti transaksi yang kamu punya. Ketika barang yang kamu terima tidak sesuai dengan harapan, kamu bisa minta ganti rugi dengan gampang. (Shofi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here