Tingkatkan Pelayanan, Tim Pembina Samsat Banten Gandeng Bank BJB

Tingkatkan Pelayanan, Tim Pembina Samsat Banten Gandeng Bank BJB
Tingkatkan Pelayanan, Tim Pembina Samsat Banten Gandeng Bank BJB

Centralnews – Serang, Untuk meningkatkan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLAJ), registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor ( Regident Ranmor) pada wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Banten melalui seluruh jaringan kantor  dan jaringan elektronik, tim Pembina Samsat Banten menggandeng PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) tbk, dengan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (31/12/18).

Penandatanganan ini  dilakukan oleh Kepala Wilayah IV Bank BJB Edy Kurniawan Saputra, AKBP Arian yang hadir mewakili Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Banten AKBP Wibowo yang berhalangan hadir, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten Opar Sohari, Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah BI Banten Erry P. Suryanto dan Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Banten Haryo Pamungkas, serta disaksikan oleh SEVP Komersial dan UMKM Bank BJB Beny Riswandi juga Kepala BJB KCK Banten Sakti Ramadani.

Kepala Wilayah IV bank bjb Edy Kurniawan Saputra mengatakan tujuan dari penandatanganan kerja sama antara Bank BJB dengan Tim Pembina Samsat Banten ini adalah untuk mempermudah layanan pembayaran pajak kendaraan beemotor yang selama ini mungkin dilakukan secara manual dengan datang ke samsat, kalau sekarang dengan berbasia android, berbasis aplikasi pihaknya berikan kemudahan kepada masyarakat yang mau bayar pajak, khususnya pajak PKB, dan SWDKLLAJ sehingga dengan di bukanya chan chanel seperti ini di harapkan dari sisi pendapatan daerah bisa bertambah, dan pendapatan tersebut bisa di gunakan untuk membangun Banten.

“Kerja sama ini juga di dukung penuh oleh Bank Indonesia (BI) Banten yang selama ini terus menerua mensuport kita untuk memberika  layanan yang berbasis aplikasi,” ujar Edi

Di tempat yang sama Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah BI Banten Erry P. Suryanto mengatakan masyatakat semakin mudah untuk membayar pajak, karena banyak chanel, masyarakat bisa memilih chanel manapun unuk melakukan pembayaran.

“Masyarakat bisa bayar lewat ATM, Indomart, OVO, tokopedia, dan masih banyak lainnya, dan Bank BJB ini yang nantinya akan menjadi agregatornya, yang memasukan dana dana ini ke bank RKUD, bank RKUD Pemprov kan bukan BJB melainkan bank lain, akan tetapi untuk front end nya tetap BJB, BI sih lebih kearah bagaimana pendapatan Pemda bisa optimal, dan masyarakat lebih mudah dalam membayar pajaknya,” kata Erry

Sementara Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten Opar Sohari mengungkapkan dengan adanya kerja sama ini akan memudahkan para Wajib Pajak (WP) dalam membayar pajak, karena para WP di Banten ini sangat luar biasa.

“Dengan adanya kerja sama ini akan memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada WP, mudah mudahan dengan pendekatan pelayanan ini semakin banyak para wajib pajak yang sadar,”tutur Opar

Sedangkan SEVP Komersial dan UMKM Bank BJB Beny Riswandi dalam sambutannya mengatakan saat ini baik di Jawa Barat maupun di Banten Bank BJB terkait pelayanan kepada masyarakat yang dipermudah pihaknya mengucapka  terima kasih jepada divisi bank BJB Banten yang telah memberikan kesempatan untuk lebih berkiprah lagi dalam membangun Banten melalui penerimaan pembayaran pajak ini.

Tingkatkan Pelayanan, Tim Pembina Samsat Banten Gandeng Bank BJB
Tingkatkan Pelayanan, Tim Pembina Samsat Banten Gandeng Bank BJB

“Kami beserta jajaran dan jaringan Bank BJB siap membantu dan siap berkolaborasi dalam membangun Banten agar terus maju dan maju,”ungkap Beny

Bank BJB sebagai Bank Nasional yang tumbuh besar di Jawa Barat serta memiliki salah satu misi sebagai penggerak laju Perekonomian Daerah berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan optimalisasi penerimaan pajak salah satunya bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Selain itu sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi Banten bersama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Banten terus berupaya terus berupaya melakukan peningkatan layanan dan meluncurkan berbagai inovasi layanan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. 

Saat ini pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor baru dapat dilayani di 11 Unit Pelayanan Samsat di Provinsi Banten. Hadirnya Bank BJB sebagai mitra kerja pemerintah Provinsi Banten bersama dengan Tim Pembina Samsat Banten akan memudahkan Wajib Pajak dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan. Wajib Pajak dari Provinsi Banten dapat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan melalui jaringan kantor (teller) dan jaringan elektronik (ATM, SMS banking, dan BJB Digi) di seluruh Indonesia. 

Layanan e-Samsat merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Banten khususnya Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Kerjasama Pemerintah Provinsi Banten dengan Bank BJB akan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat/Wajib Pajak sehingga dapat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara cepat, tepat, akurat, dan mudah. Selain itu, kerjasama tersebut diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pendapatan daerah Provinsi Banten khususnya dalam hal penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor.

Dalam kesempatan terpisah, M. As’adi Budiman selaku Sekretaris Perusahaan bank bjb menuturkan bahwa, “Bank BJB akan terus memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi  Banten untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang dapat memberikan. (Sis/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here