4 Cara Agar Kebisaan Minum Kopi Menjadi Lebih Sehat

4 Cara Agar Kebisaan Minum Kopi Menjadi Lebih Sehat
4 Cara Agar Kebisaan Minum Kopi Menjadi Lebih Sehat

Centralnews – Kesehatan, Sepertinya saat ini sulit menemukan masyarakat Indonesia yang tidak menyukai kopi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pembeli yang mengantre di kedai kopi, yang juga menjamur di Ibu Kota. Namun tak sekadar tren, kopi juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

“Rutin minum kopi akan mengurangi risiko terkena beberapa jenis penyakit. Oleh sebab itu, minum kopi sangat mungkin membuat Anda berumur lebih panjang,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Diketahui bahwa kandungan antioksidan dan kafein dalam secangkir kopi dapat memberikan manfaat dahsyat bagi tubuh, mulai dari otak hingga sistem pencernaan. Agar kebiasaan minum kopi Anda lebih sehat, lakukan empat cara berikut ini.

  • Jangan hanya minum kopi saat pagi hari

Meski minum kopi sehat, kandungan stimulan dalam kafein bisa jadi menekan nafsu makan Anda. Mirisnya, beberapa orang sengaja minum kopi sebagai pengganti sarapan di pagi hari. Ingat, tidak ada yang dapat menggantikan asupan sarapan bernutrisi, sekalipun itu kopi!

Anda tetap harus sarapan bergizi untuk bisa mendapat asupan bernutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta serat. Jam ideal minum kopi adalah pagi menjelang siang, yakni pukul 09.30 – 11.30 ketika hormon kortisol dalam tubuh sedang rendah-rendahnya.

  • Kenali alasan Anda minum kopi

Pastikan Anda minum kopi karena memang suka atau ingin mendapatkan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Jangan sampai kebiasaan minum kopi Anda dilandasi keinginan memanfaatkan kafein agar bisa begadang.

Jika menggunakan kopi untuk alasan tersebut, wajar bila suatu saat tubuh dan pikiran Anda ketagihan. Anda akan mulai lelah dan sukar dalam mencapai titik terbaik secara fisik dan mental tanpa kopi.

  • Sempurnakan dengan kayu manis

Sering berkunjung ke kafe dan mendapati kombinasi kopi dan kayu manis? Ya, keberadaan rempah tersebut memang bukan tanpa alasan. Kayu manis nyatanya mampu membuat sesi minum kopi Anda lebih baik karena mengandung antioksidan.

Merujuk pada banyak penelitian, kayu manis terbukti ampuh menurunkan gula darah. Menambahkan kayu manis, selain meningkatkan kadar antioksidan, mampu membantu mengurangi gula yang mungkin Anda masukkan ke dalam kopi.

  • Tanpa gula, perasa dan pemanis buatan lainnya

Ini memang berat, tapi minum kopi dengan gula, perasa dan pemanis buatan lainnya bisa jadi faktor penting hilangnya esensi utama kandungan kopi. Jika ini terus dilakukan dalam jangka panjang, bukan tak mungkin itu dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes di kemudian hari.

“Sekarang ini ada banyak alternatif bahan lain penambah rasa manis untuk kopi Anda. Anda bisa pakai gula aren atau stevia,” ujar dr. Melyarna Putri dari KlikDokter. Selain itu, Anda dapat pula menambahkan bubuk murni vanila, daun mint, hingga bubuk kacang almond ke dalam kopi Anda.

Sebagai minuman yang populer di dunia, kopi memiliki manfaat positif bagi kesehatan Anda. Akan tetapi, kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat menghambat Anda mendapatkan manfaat sehat tersebut. Yuk, ciptakan kebiasaan minum kopi yang sehat agar manfaatnya optimal dapat berguna untuk kesehatan.

(Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here