Pencarian Korban Longsor TPAS Cilowong Dihentikan, Akan Dilanjutkan Penataan Sambil Pencarian

Pencarian Korban Longsor TPAS Cilowong Dihentikan, Akan Dilanjutkan Penataan Sambil Pencarian
Foto: net

Centralnews – Serang, Pencarian korban longsor Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Cilowong dihentikan. Namun, dua korban longsor hingga akhir pencarian belum juga ditemukan. Penghentian pencarian tersebut ditetapkan pada pukul 17.00 WIB, Senin (14/1/2019).

“Sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) pencarian ini, kami hentikan pukul 17.00 WIB Senin (14/1/2019). Sudah 13 hari korban masih belum ditemukan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Yudi Suryadi, seperti dilansir Kabarbanten.com.

Yudi menambahkan, penetapan dihentikannya pencarian korban bukan berarti pencarian berhenti secara menyeluruh. “Kami masih tetap mencari sekaligus penataan. Bukan evakuasi, dengan nama lain penataan. Jadi, sambil menata, sambil mencari dengan alat yang ada,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, Suherman menuturkan, dihentikannya pencarian tersebut, dikarenakan hingga saat ini belum ditemukan tanda-tanda adanya korban.

“Hingga dilanjutkan sampai sore ini (kemarin) belum juga dapat ditemukan. Karena, hingga hari ini (kemarin) belum ada tanda-tanda ditemukan, maka pencarian ini dihentikan,” ujarnya.

Loading...

Sebelumnya diketahui, longsor terjadi pada Selasa (1/1/2019). Pencarian korban tahap awal dilakukan Rabu hingga Selasa (2-8/1/2019). Kemudian, diperpanjang selama tiga hari dan kembali diperpanjang untuk kedua kalinya selama tiga hari. Hingga Senin (14/1/2019) pencarian dihentikan atas keputusan berbagai pihak.

Keputusan tersebut sudah disepakati oleh seluruh tim pencarian dan pihak keluarga korban pada musyawarah di hari kesepuluh. “Keluarga sudah menerima dan pihak keluarga korban juga sudah menyetujui. Sesuai dengan kesepakatan musyawarah kemarin,” katanya.

Sementara, Camat Taktakan, Rochmat berharap, korban bisa ditemukan pada saat penataan TPAS Cilowong pasca dihentikannya pencarian korban. “Ke depannya, sambil penataan semoga korban bisa ditemukan,” tuturnya. (Shofi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here