Soal Konsultan Politik Asing, KPU: Tak Ada Dalam Aturan Kecuali Timses Harus WNI

Foto: net, Komisioner KPU Ilham Saputra

Centralnews – Jakarta, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan tidak ada peraturan tentang konsultan politik dalam perundang-undangan pada pemilihan umum. Hal ini menyikapi adanya perdebatan soal konsultan politik asing saat calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut ada salah satu tim sukses yang menyewa jasa soal konsultan politik asing.

“Setahu saya tidak diatur ya. Ya kalau di aturan tidak ada ya,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (7/2).

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, belum ada komunikasi dengan timses nomor 01 dan 02. Namun, dirinya mengaku, pihaknya siap menjabarkan jika ada pertanyaan dari kedua timses terkait hal tersebut.

Hal senada dikatakan oleh Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Wahyu mengatakan Regulasi hanya mengatur kewarganegaraan tim sukses dan tidak ada aturan yang melarang penggunaan konsultan politik asing. Maka dari itu, setiap orang yang berada di dalam struktur timses harus berkewarganegaraan Indonesia.

“Kalau berdasarkan peraturan perundang-undangan kita kan mengenal namanya tim kampanye. Tim kampanye jelas syaratnya warga negara Indonesia,” ucap Wahyu.

Sebelumnya, calon presiden Joko Widodo menyebut adanya salah satu pihak yang menggunakan jasa konsultan politik asing dengan menggunakan teori propaganda Rusia.

“Konsultannya konsultan asing. Terus yang antek asing siapa?” ujar Jokowi di hadapan relawan Sedulur Kayu dan Mebel di Aula De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (3/2).

Terkait tudingan tersebut, calon wakil presiden Sandiaga Uno yang merupakan lawan politik Jokowi membantah jika pihaknya menggunakan konsultan politik asing.

“Dapat kami pastikan itu [penggunakan konsultan asing asal Rusia] tidak betul,” kata Sandi ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (4/2) malam. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here