Pemilu 2019, KPU Tegaskan Orang Gila Tidak Boleh Memilih

Foto: net, Ketua KPU Arief Budiman

Centralnws – Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, gila dilarang untuk memilih. Hal ini lantaran menepis adanya informasi yang menyatakan pihaknya turut mendata calon pemilih berstatus gila, ke daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

“Itu berita hoaks KPU dibilang sudah mendata orang gila dalam daftar pemilih. Saya tahu informasi bohong ini menyebar,” kata Arief Budiman dalam acara Rapat koordinasi Kehumasan dan Hukum 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Lebih lanjut, Arief kembali menegaskan, KPU hanya mendata warga sebagai pemilih yang memiliki kesehatan jiwanya terganggu dan bukan orang gila.

“Orang gila itu tidak boleh memilih. KPU hanya mendata warga sebagai pemilih yang memiliki kesehatan jiwanya terganggu, bukan gila ya, bukan orang gila yang di jalanan enggak pake baju dan makan apa saja di jalan,” jelasnya seperti dilansir dari Warta Kota.

“Pada Pemilu 2009 dan Pemilu 2014 juga boleh warga yang memiliki gangguan jiwa ikut pemilu. Kok, sekarang isunya KPU membolehkan orang gila ikut memilih,” lanjutnya.

Gangguan jiwa yang dimaksudnya ialah penyakit tersebut tidak permanen. Menurutnya, mereka hanya sedang terganggu jiwanya dan bisa pulih kembali seperti biasa. Selain itu, KPU mendata mereka yang sedang jalani rehabilitasi alias tengah memulihkan stres. dirinya menegaskan hal itu berbeda dengan orang yang gila.


“Kita kalau diperiksa kejiwaan kita bisa dibilang terganggu. Saya saja yang setiap saat mikirin kotak suara, surat suara, kadang stres, dan kalau diperiksa mungkin dibilang terkena gangguan jiwa. Yang penting dia tidak gangguan jiwa permanen dan mampu memilih dalam pemilu,” beber Arief Budiman.

“Yang kita data, orang-orang yang sedang jalani rehabilitasi, memulihkan stres-nya. Istilahnya bukan orang gila, tapi orang dengan gangguan jiwa. ODGJ atau orang dengan gangguan jiwa, masih boleh memilih,” terangnya. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here