Pergeseran Tanah di Lebak, BPBD: Ratusan Rumah di Dua Desa Rusak

Centralnews – Lebak, Akibat pergerakan tanah, ratusan rumah di dua desa retak. Yakni, Desa Gunung Wangun di Kecamatan Cibeber dan Sudamanik di Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak. Hal tersebut berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak.

Akibat tanah yang bergeser tersebut, ada 104 rumah yang retak di Sudamanik tepatnya di kampung Jampang dekat aliran sungai Cisimuet.  Selain itu, di Cibeber 19 rumah yang retak dan rusak parah akibat peristiwa tersebut. Demikian dikatakan oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak, Madlias.

“Dua lokasi ini yang saat ini rawan longsor apalagi saat hujan,” kata Madlias saat dikonfirasi detikcom di Cimarga, Lebak, Banten, seperti dikutip oleh Centralnews.co.id, Selasa (12/2/2019).

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, untuk meneliti keadaan tanah yang retak dan mengalami pergeseran, pihaknya meminta bantuan kepada tim geologi dari Bandung.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan evakuasi warga yang terdampak pergeseran tanah tersebut.

Loading...

“Evakuasi sementara belum karena masih taraf aman. Hanya ada warga yang rumahnya retak paling parah sudah diimbau agar mengungsi dan jangan diisi,” kataya.

“Kami masih cek ke lapangan berapa jumlah rumah yang retak dan terdampak, karena takut ada rencana relokasi oleh Pemda ke depan,” pungkasnya. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here