Mensos RI: Program Edukasi Untuk Kurangi Risiko Bencana

Centralnews.co.id

Centralnews – Pandeglang, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mendampingi Presiden Joko Widodo dalam rangka kunjungan di Kabupaten Pandeglang, Banten. Kunjungan tersebut untuk meninjau sejauh mana kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, program kegiatan ini dinamakan edukasi kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Yang pertama program edukasi tindak lanjut arahan Bapak Presiden Jokowi dalam rangka mengurangi risiko bencana, yang berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, dan Masyarakat,” katanya. 

Menurut Agus, kegiatan ini untuk mempercepat terbangunnya pemahaman masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan bencana. Seperti diketahui masyarakat merupakan pihak pertama yang berhadapan langsung dengan bencana. Keberhasilan edukasi ini tergantung dari cepatnya pemahaman masyarakat yang diberikan edukasi. 

“Kegiatan TMS (Tagana Masuk Sekolah) dilaksanakan dari tanggal 15-18 di 55 sekolah, delapan Kecamatan, dan 5.500 siswa SD, SMP, SMA, dan 725 guru,” bebernya. 

Loading...

Terkait Kampung Sianga Bencana (KSB), Agus memgatakan ada delapan Kecamatan yang difasilitasi sebagai KSB. “Kampung siaga bencana Kecamatan Panimbang, Carita, Sukaresmi, Sumur, Cimanggu, Cigeulis, Cibaliung, dan cibitung,” pungkasnya. (Yusuf/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here