Presiden RI Kunjungi Pandeglang Guna Pastikan Edukasi Kebencanaan

Centralnews.co.id

Centralnews – Pandeglang, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pandeglang dalam rangka memastikan kesiapsiagaan bencana di Pandeglang. Kunjungan presiden didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, dan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Indonesia masuk ke ring of fire, saya ingin pastikan bahwa edukasi kebencanaan berjalan baik,  karena kita tidak tahu bencana itu kapan akan terjadi,” ujar Presiden Jokowi, di Kampung Sinarlaut, Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, Senin (18/2/19).

Ia menambahkan, seluruh masyarakat pesisir harus siaga bencana. Oleh sebab itu, pihaknya meminta Kementerian Sosial melakukan edukasi kepada masyarakat pesisir melalui program Tagana Masuk Sekolah (TMS) dan Kampung Siaga Bencana (KSB).

“Saya senang anak sekolah dan masyarakat sudah paham kesiapsiagaan bencana. Bencana yang terjadi dari Allah. SWT kita harus syukuri apapun yang terjadi,” tuturnya. 

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas bantuan dari pemerintah pusat, baik saat evakuasi bencana hingga penanganan pasca bencana, seperti pembangunan Hunian Sementara (Huntara) dan Hunian Tetap (Huntap).

Loading...

“Kami banyak terbantu dari mulai evakuasi hingha pembuatan Huntara, Huntap, dan mitigasi bencana pun kami selalu diperhatikan oleh pemerintah pusat,” tutupnya. 

Berdasarkan pantauan, Presiden Jokowi kemudian meninjau beberapa bantuan yang diberikan sekitar Rp. 1,374 miliar,  yang terdiri dari bantuan paket lauk pauk 1000 unit, bantuan tenda serbaguna 10 unit, tenda gulung 150 lembar, velbed 100 unit, kidsware 200 paket, foodware 200 paket, peralatan dapur keluarga 10 paket, mobil dapur umum lapangan 1 unit, dan motor dapur umum lapangan 1 unit. (Yusuf/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here