Imigrasi Kota Cilegon Deportasi Belasan TKA

Imigrasi Kota Cilegon Deportasi Belasan TKA
Imigrasi Kota Cilegon Deportasi Belasan TKA

Centralnews – Cilegon, (02/03/19) Sepanjang tahun 2018, Imigrasi Kota Cilegon memulangkan 15 Tenaga Kerja Asing (TKA) ke negara asalnya. Sedangkan tahun 2019, baru mendeportasi dua orang, karena menyalahgunakan dokumen keimigrasiannya. 

“Paling banyak warga asing yang kita deportasi ke negara asalnya dari Korea Selatan,” kata Edisong, Kepala Imigrasi Kota Cilegon, Banten, Sabtu (02/03/19).

Para WNA itu masuk ke Indonesia menggunakan pasport wisatawan, namun dipergunakan untuk bekerja di Kota Cilegon, Banten. 

WNA yang dipulangkan berasal dari negara China, Korsel, Rumania, Malaysia, Filipina dan Nigeria.

“bagi semua perusahaan maupun industri di Cilegon yang memperkerjakan karyawan asing bekerja di perusahaan tersebut, untuk melaporkan ke Kantor Imigrasi,” terangnya.

Loading...

Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) telah di atur dalam Perpres (Peraturan Presiden) nomor 20 tahun 2018 tentang Penggunaan dan legalitas TKA. Lalu ada juga Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) nomor 10 tahun 2018.

Dalam Perpres ini disebutkan penggunaan TKA dilakukan oleh pemberi kerja untuk jabatan dan waktu tertentu dengan memperhatikan kondisi tenaga kerja dalam negeri dengan mewajibkan penggunaan tenaga kerja dalam negeri. 

Sepanjang tahun 2018, TKA di Kota Cilegon, Banten, sebanyak 1.168 orang dari berbagai negara. Sedangkan sejak awal 2019, TKA yang masuk bekerja di Kota Baja itu berjumlah 292 orang.(Yandhie/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here