Website Informasi UIN Banten Dijebol Pegawainya Sendiri

Foto: net, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Centralnews – Serang, Situs kepegawaian dan akademik kampus UIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten, di hack oleh pegawainya berinisial DR (40), dengan motif sakit hati.

“Menggunakan laptopnya, kemudian dia menggunakan laptop nya untuk mengakses server yang ada,” kata Kombes Rudi Hananto, Direskrimsus Polda Banten, saat ditemui di ruangannya, Senin (04/03/2019).

DR tidak terima ditegur lantaran jarang masuk kerja, tapi absensinya penuh dan selalu hadir.

Pegawai yang mengetahui web nya dijebol, berupaya mengakses server melalui SSH dan FTP/SFTP dari office menggunakan user root, namun tetap saja tidak bisa di akses atau acces denied. 

Sedangkan sistem akademik, siakad.uinbanten.ac.id saat di akses, tersambung ke YouTube. Web yang sudah dibobol telah ditanami backdoor oleh DR.

Loading...

Dirkrimsus Polda Banten pun bekerjasama dengan Bareskrim Polri dan membentuk tim gabungan bernama scientivic crime investigation. 

Pemeriksaan pertama dilakukan pada 02 Maret 2019, terlihat pelaku mendownload file link internet yang berisikan kode eksploid, yang bisa mengambil user name, password bahkan melumpuhkan sistem. 

Pelaku DR berupaya menghapus jejak digitalnya. Tim gabungan smeoay kesulitan menemukan jejak nya, hingga dilakukan penyelidikan mendalam dan ditemukan siapa pelakunya.

Web kampus UIN SMH Banten kini masih lumpuh total. Dihari yang sama, 02 Maret 2019, pelaku DR ditangkap dirumahnya. Dari kediamannya, polisi menyita macbox, smartphone, kabel data, hardisk eksternal dan server fisik.

Centralnews.co.id

Pelaku DR di ancam Pasal 46 ayat 1, 2, 3, junto 30 ayat 1, 2, 3 dan atau pasal 48 ayat 1 junto pasal 32 ayat 1 UU RI nomor 19 tahun 2016, tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

“Ancaman penjara paling lama delapan tahun dan denda Rp 2 miliar,” ujarnya. (Yandhi/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here