Banjir Bandang Merusak Ratusan Rumah di 4 Kecamatan di Kabupaten Lebak

Banjir Bandang Merusak Ratusan Rumah di 4 Kecamatan di Kabupaten Lebak
Banjir Bandang Merusak Ratusan Rumah di 4 Kecamatan di Kabupaten Lebak

Centralnews – Kab.Lebak, Banjir Bandang dan longsor terjadi akibat hujan yang mengguyur wilayah lebak semenjak sore hari, akibat debit air yang meningkat tll, tiga sungai yang berada di kabupaten Lebak meluap dan mengakibatkan banjir Bandang pada malam tadi. Rabu (22/05/19) malam.

Data BPBD Kabupaten Lebak, ada tiga kecamatan yang terkena musibah banjir bandang dan longsor akibat luapan sungai Cibeurih, anak sungai Ciberang, dan Sungai Cilaki. Empat Kecamatan tersebut ialah Kecamatan Sajira, Muncang, Sobang, dan Cimarga

“Banjir bandang terjadi dengan cepat saat warga sedang berbuka puasa.Jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi.

Dirinya menyampaikan, akibat banjir bandang  Ratusan rumah di keempat kecamatan itu terendam banjir dengan ketinggian yang berbeda beda, bahkan sebagian hanyut terbawa aliran sungai. Sejauh ini tak ada korban jiwa. 

Hingga Kamis dini hari, lanjut Kaprawi, baru satu kecamatan yang sudah selesai terdata, yakni Kecamatan Sajira. Dari data yang masuk, dilaporkan 23 rumah rusak berat, 15 rusak ringan, dan 50 terendam air.

Selain itu, sejumlah fasilitas umum juga turut terdampak. Di antaranya, dua jembatan rusak ringan serta lima pondok pesantren rusak.

“Untuk Kecamatan Sobang, Muncang, dan Cimarga, rekan-rekan dari BPBD sedang mendata di TKP, saya masih menunggu datanya,” kata Kaprawi.

Menurut Kaprawi, BPBD Lebak sudah menerjunkan personel ke lokasi banjir di empat kecamatan tersebut. Selain melakukan identifikasi, para petugas juga menyalurkan bantuan berupa kebutuhan dasar untuk warga terdampak banjir, seperti logistik dan obat-obatan.(Mamo/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here