Pemkab Serang Usulkan Raperda Penyelenggaraan Kearsipan

Pemkab Serang Usulkan Raperda Penyelenggaraan Kearsipan

Centralnews – Serang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan kearsipan. Hal tersebut agar arsip-arsip bisa terjaga dengan baik.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, agar arsip bisa terjaga keotentikannya maka dibutuhkan sarana dan prasarana serta SDM yang bersinergi. Menurutnya, keberadaan tenaga arsiparis menjadi komponen penting yang harus ada dalam mengelola kearsipan.

“Keberadaan sarpras yang mendukung juga jadi hal tidak kalah penting dalam pengelolaan arsip,” ujarnya saat rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Selasa (28/05/19).

Di era teknologi dan digital saat ini, mengharuskan semuanya untuk menggunakan sarana informasi untuk mengelola kearsipan. “Oleh karena itu, dalam Raperda ini harus dicantumkan secara lengkap sebagai materinya,” katanya.

Menurut dia, seluruh OPD dan stakeholder harus saling bekerja sama untuk mengamankan arsip. Sebab arsip menjadi bagian penting bagi Pemda dan masyarakat untuk memperoleh informasi.

Loading...

Oleh sebab itu, kata dia, dalam rangka memberikan kepastian yuridis untuk mengelola kearsipan, dirinya mengusulkan satu Raperda agar segera ditindaklanjuti.

Sebelumnya, Juru Bicara DPRD Kabupaten Serang Dimyati mengatakan, arsip yang terakumulasi menjadi tanggung jawab hukum dan moral suatu lembaga, aparatur, pemerintah dan masyarakat secara umum.

“Oleh karena itu, kebutuhan kearsipan tidak bisa dihindari karena ketersediaan arsip otentik untuk menjamin hak negara dan masyarakat jadi tanggung jawab daerah,” ujarnya.

Ia mengatakan, arsip yang otentik memiliki kekuatan untuk mempersatukan bangsa dan menjadi Hasanah serta jati diri. “Agar dapat sesuai substansi materi dan keinginan masyarakat, seluruh fraksi sepakat untuk menindaklanjuti dalam panitia khusus DPRD,” tuturnya.(Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here