DLH Kota Cilegon Usut Dugaan Kebocoran Gas Kimia PT Dover Chemical

DLH Kota Cilegon Usut Dugaan Kebocoran Gas Kimia PT Dover Chemical
DLH Kota Cilegon Usut Dugaan Kebocoran Gas Kimia PT Dover Chemical

Centralnews – Cilegon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon mengusut kasus dugaan pencemaran lingkungan yang diduga akibat bocornya tangki gas kimia di PT Dover Chemical.

Kasus tersebut dilaporkan warga Lingkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon yang resah akibat bau kimia yang timbul dari industri yang berlokasi tak jauh dari lingkungan tempat tinggal mereka.

Kepala DLH Kota Cilegon Ujang Iing ketika dikonfirmasi membenarkan telah menerima laporan dari warga terkait masalah tersebut. Sehubungan itu, pihaknya berjanji segera menindaklanjutinya.

Kejadian yang berlangsung Selasa (04/06/19) atau sehari menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 H itu pun langsung dilaporkan warga.

”Kebetulan kejadian sehari sebelum lebaran, staf kami sudah menerima laporan dan akan kami tindak lanjuti kejadian itu,” katanya,Minggu (09/06/19).

Atas laporan tersebut, pihaknya meminta keterangan dan data-data kepada warga sekitar dan manajemen PT Dover Chemical. Setelah itu, DLH akan memanggil pihak industri yang bersangkutan. 

”Nanti kami akan panggil (manajemen PT Dover) untuk dimintai klarifikasi. Hasilnya akan kami laporkan kepada Wali Kota Cilegon,” tuturnya.

Dugaan gas kimia yang bocor di PT Dover Chemical juga mendapat perhatian dari anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon Badar Gumelar. Ia mengatakan, terkait kejadian tersebut, seharusnya Pemkot Cilegon langsung turun ke lapangan melakukan investigasi.

”Ini sudah kesekian kalinya PT Dover Chemical membuat masyarakat sekitar dirugikan. Investasi boleh dan dipersilakan, akan tetapi harus memperhatikan faktor lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menuturkan, PT Dover Chemical jangan melakukan spekulasi atau percobaan yang merugikan masyarakat. Karena, menurut dia, selama ini alasan yang diungkapkan perusahaan industri kimia adalah percobaan terhadap salah satu plant atau tangki yang mengandung bahan kimia.

”Kalau memang merugikan bagi masyarakat sekitar untuk apa. Sebaiknya ditutup saja pabrik tersebut,” katanya.

Dia meminta kepada Pemkot Cilegon dalam hal ini DLH terjun langsung melakukan investigasi. ”Jangan hanya berdiam diri saja. Kasihan masyarakat yang dirugikan,” ucapnya.

Sebab, berbagai kasus dugaan kebocoran gas yang dilakukan oleh PT Dover sudah sering terjadi. Namun, belum ada tindakan yang tegas dari Pemkot Cilegon. Padahal, kejadian kemarin sudah menimbulkan korban beberapa warga harus dirawat di rumah sakit.

”Jangan sampai kejadian ini menimbulkan gejolak sosial di kalangan masyarakat. Masa mereka yang harus dikorbankan demi investor. Masyarakat butuh perlindungan dari lingkungan yang bebas dari polusi.(Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here