Untirta Akan Bangun Fakultas Pertanian di Cadasari

Centralnews.co.id

Centralnews – Serang, Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang dipimpin oleh bupati sebelumnya, A. Dimyati Natakusumah, telah memberikan hibah lahan kepada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) untuk pengembangan kampus Unitrta.

Hibah tanah tersebut kemudian ditindaklanjuti saat ini oleh pihak kampus dengan melakukan pertemuan dengan bupati saat ini, yakni Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama jajarannya di Pendopo Kabupaten Pandeglang.

Rektor Untirta Prof Soleh Hidayat mengatakan, dalam rangka memajukan Kabupaten Pandeglang, Untirta mengintensifkan pembahasan kepada sejumlah pihak untuk membangun Fakultas Pertanian berupa kegiatan perkuliahan, zona sains dan agro teknopark di lahan seluas 8 hektare di Kecamatan Cadasari, Kab. Pandeglang.

“Ini kelanjutan sejak dulu ide pak Dimyati untuk dijadikan kampus terpadu fakulatas pertanian,” tuturnya, (9/7).

Ia menambahkan, dalam waktu dekat sertifikat lahan tersebut akan segera selesai sesuai informasi dari Bupati Pandeglang. Kemudian, pihak kampus membangun Fakultas Pertanian dengan menggunakan anggaran dari Kementerian Ristekdikti, APBN, dan dana yang dihimpun dari mahasiswa untuk pengembangan sarana dan prasarana kampus.

Loading...

Lebih lanjut ia menambahkan, pihaknya meyakini jika pembangunan kampus baru itu selesai dikerjakan, maka akan berdampak positif terhadap perekonomian warga sekitar dan memberi nilai tambah bagi kemajuan Kabupaten Pandeglang, seperti pembangunan indekos, rumah makan, penatu, dan jasa-jasa lainnya.

“Impact-nya pada pertumbuhan ekonomi, disana masyarakat dapat membuat rumah kos, rumah makan dan jasa-jasa lainnya, sehingga menambah penghasilan masyarakat,” bebernya.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar segera menyelesaikan masalah hibah tanah yang akan digunakan oleh Untirta. 

“Saya menyambut baik sekali, selain meningkatkan ekonomi, akan meningkatkan pengembangan pertanian dan derajat pendidikan di Pandeglang,” tutup Irna. (Yusuf/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here