Miliki Gizi Lebih Tinggi dari Salmon, Ini 12 Manfaat Konsumsi Ikan Kembung

Foto: net, Ilustrasi gambar

Centralnews – Jakarta, Kandungan gizi dalam ikan kembung dipercaya dipercaya lebih tinggi dari ikan salmon. Namun, banyak yang mengira ikan kembung tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Hal ini lantaran harganya yang relatif murah dari ikan salmon. Lantas apa saja manfaatnya?

Mengutip dari detikcom, berikut 12 manfaat ikan kembung:

1. Bermanfaat untuk Perkembangan Janin

Ikan kembung sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan omega 3 yang terkandung di dalamnya dapat memenuhi tumbuh kembang janin. Kandungan asam lemak esensial omega 3 dapat membantu pertumbuhan organ tubuh janin. Selain itu, asam lemak omega 3 merupakan lemak tak jenuh yang terbukti mampu mengembangkan IQ dan psikomotorik pada bayi dan anak.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Omega 6 yang terkandung dalam ikan kembung dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Ikan kembung dapat menjadi pilihan penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuhnya agar tetap terkendali.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan kembung memiliki kandungan omega 9 dan omega 6 di dalamnya. Kedua kandungan ini dapat membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung. Dengan jantung yang sehat, maka risiko stroke atau komplikasi penyakit lainnya dapat dicegah.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Omega 3 juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan imun yang bertambah, maka semakin kuat pula tubuh untuk melawan serangan penyakit.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Menjaga tingkat tekanan darah agar tetap stabil dapat dengan mengonsumsi ikan kembung setiap hari. Tingginya tingkat kalium yang dimilikinya dapat menjaga tekanan darah normal.

6. Mengatasi Peradangan

Peradangan atau inflamasi pada tubuh dapat diatasi dengan mengonsumsi ikan kembung. Hal ini disebabkan oleh senyawa-senyawa aktif yang dimiliki ikan kembung yang bersifat antiinflamasi.

7. Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Manfaat ikan kembung selanjutnya yaitu dapat mencegah alzheimer dan parkinson. Kandungan docosahexaenoic acid (DHA) yang dimilikinya dapat mencegah risiko penyakit tersebut.

8. Menambah Massa Otot

Ikan kembung sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang meningkatkan massa otot. Di dalamnya terdapat sumber protein hewani yang tak kalah dengan sumber lainnya seperti daging sapi dan ayam.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin D sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D yang terkandung dalam ikan kembung berperan penting dalam memaksimalkan absorpsi kalsium. Kalsium ini adalah mineral yang berfungsi untuk membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ikan kembung dapat kamu pilih untuk menu diet. Ikan kembung dapat membantu menurunkan berat badan karena asam lemak tak jenuh omega 3. Asam lemak omega 3 berperan aktif dalam memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak dapat berjalan lancar. Pastikan jika kamu sedang menjalani diet, kamu harus menyeimbanginya dengan aktivitas fisik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Mencegah Kanker Payudara

Minyak esensial yang terkandung dalam ikan kembung dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker payudara. Minyak esensial ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menghalau radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh.

12. Penghancur Trigliserida

Trigliserida merupakan jenis lemak yang sama sekali tidak dibutuhkan tubuh. Lemak ini justru menyebabkan tubuh rentan terhadap sejumlah penyakit serius seperti jantung. Dengan rajin mengonsumsi ikan kembung, maka dapat membantu menghancurkan trigliserida ini

Kamu harusmenjadikan ikan kembung sebagai menu santapan harianmu dengan banyaknya manfaat di atas. Ikan kembung dapat kamu olah secara simple dengan digoreng, dibakar, atau pun direbus.(Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here