Kecelakaan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan Kepada Ahli Waris

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Serang Mu’allif bersama Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Serang berfoto saat memberikan santunan kepada ahli waris

Centralnews – Serang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang menyerahkan santunan kematian akibat kecelakaan kerja kepada ahli waris Haerul Falah karyawan PT. Indah Kiat.

Penyerahan santunan langsung diberikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Mu’allif kepada ahli waris Hambali yang merupakan orang tua almarhum Haerul Falah di saksikan Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Mu’allif mengatakan santunan kecelakaan kerja dan santunan kematian yang diterima oleh ahli waris sebesar Rp 188.838.152 secara langsung, serta mendapatkan Jaminan Pensiun (JP) sebesar Rp. 341.400 yang akan dibayarkan perbulan seumur hidup kepada ahli waris.

“Jaminan pensiun diberikan kepada ahli waris Haerul Falah sebesar Rp 341.400 per bulan selama ahli warisnya masih ada. Tapi ini akan meningkat, bergantung pada inflasi yang nanti akan terjadi,” ujar Mu’alif saat ditemui seusai memberikan santunan secara simbolis di pembukaan Kota Serang Fair 2019 di di Alun-alun Barat Kota Serang, Kamis (22/08/19).

“Pemberian santunan ini merupakan salah satu bukti kepedulian pihak perusahaan terhadap kesejahteraan karyawannya karena telah mendaftarkan seluruh tenaga kerjanya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan.” Imbuh Mu’alif

Ia berharap, dengan adanya kejadian tersebut dapat menyadarkan masyarakat betapa pentingnya jaminan sosial bagi tenaga kerja. “Semoga nilai dari manfaat program kami dapat menjadikan keluarga yang ditinggalkan terbantu dalam menjalani hari-hari kedepan, dan menyadarkan kita bahwa perlunya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja,” ujarnya.

Saat ini, kata Muallif, ada empat program wajib yang harus diikuti oleh perusahaan. Yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Sedangkan, Manager HRD PT Indah Kiat Sigit Purwanto mengatakan, program dari BPJS Ketenagakerjaan ini sangatlah penting bagi pekerja di perusahaannya. Sebab, banyak fasilitas dan jaminan yang bisa membantu pekerja dalam melindungi dirinya dan keluarga. Selain itu, pihaknya juga telah memiliki kewajiban untuk memberikan hak-hak pekerja apabila terjadi kecelakaan.

“Kami juga miliki program tambahan diluar dari BPJS. Dan semua pekerja kami sudah masuk dalam jaminan sosial, termasuk outsourching. Bahkan untuk biaya pemakaman hingga tiga hari, tujuh hari dan sebagainya kami yang memfasilitasi,” katanya.

Sementara, ahli waris Hambali merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan itu. “Tentunya sangat terbantu, tapi kami belum tau mau kami gunakan untuk apa uang ini. Mungkin nanti kami manfaatkan untuk kepentingan dia (almarhum) seperti aqiqah dan haul,” ucapnya. 

Perlu diketahui Haerul Falah merupakan salah satu pekerja yang mengalami kecelakaan kerja di tempat kerjanya beberapa waktu lalu. Ia meninggal dunia akibat terjepit mesin penggulung kertas (dumroll) pada saat mencoba mengambil sebuah pisau kertas yang terjatuh. (Sis/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here