Guru Ujung Tombak Peradaban

Guru Ujung Tombak Peradaban
Guru Ujung Tombak Peradaban

Oleh Agung setia Budi alumni UNBAJA, Mahasiswa Pasca PPKn UPI

Centralnews – Opini, Pendidikan adalah suatu proses yang ditempuh oleh manusia untuk mengenal pengetahuan hal ini sepedapat dengan akhmad juntika nurikhsan (2016 : 21) bahwa salah satu upaya untuk membangun tradisi keilmuan yang tinggi adalah dengan cara pendidikan , hal yang sangat penting  dalam membangun peradaban bangsa indonesia   adalah dengan cara mengembangkan sumber daya manusia yang bermutu sumber daya yang bermutu dapat tercapai salah satunya  melalui pendidikan  

Dalam kondisi modern saat ini pendidikan harus lebih di tingkatkan untuk mencegah terjadinya dekadensi  akhlak . dekadensi ahlak semakin terjadi dikalangan anak muda salah satunya dikalangan sekolah,dalam meningkatkan akhlak yang baik untuk membangun peradaban bangsa tentu harus mempunyai bekal yang sesuai salah satunya adalah akhlak yang baik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa akhlak merupakan suatu budi pekerti atau kelakuan baik atau buruknya seseorang . Kondisi akhlak para peserta didik hari ini sudah terlihat buruk salahsatunya dengan mengucapkan kata kata tak sopan terhadap guru yang tak pantas diucapkan oleh peserta didik, saya mngabil satu kasus terkait dekadensi akhlak . saya pernah mengajar disalah satu sekolah yang ada dikabupaten serang dengan menghadapi berbagai anak yang berlatar belakang yang berbeda, saya menemukan satu kasus yang memang tidak pantas diutarakan oleh siswa terhadap guru. Pada waktu itu saya sedang bersilaturahmi kepada kepala sekolah yang ada dikabupaten serang dan saya melihat peserta didik ada seorang siswa yang mengatakan kepada guru tersebut “ pak ngopi yuk ‘ seorang peserta didik dengan santai nya memegang pundak seorang guru disekolah itu . Hal seperti itu sudah tidak seharusnya dilakukan oleh peserta didik karna mengandung nilai ketidak sopanan terhadap guru , maka disitulah tatantangan guru sebagai upaya pendidikan penanaman nilah akhlak karna peserta didik merupakan aset terbesar generasi bangsa yang seharusnya tidak melakukan hal yang buruk. Guru adalah salah satu pendidik yang mempunyai tugas membimbing serta mengarahkan peserta didik kearah yang lebih baik  .oleh karena itu guru harus mempunyai kosep secara pribadi tentu perlu kita tingkatkan konsep pendidikan dalam membimbing akhlak sesuai dengan UU no 20 tahun 2003 pasal 3 tujuan pendidikan nasional  adalah mengembangkan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab  .

Guru  sangat lah strategis untuk membentuk nilai akhlak yang baik disuasana sekolah, meskipun bukan hanya guru yang bisa menjalankan pendidikan akhlak. guru merupakan kekuatan untuk terjadinya peserta didik melek akan akhlak. Karena akhlak yang baik akan mengantarkan peradaban yang unggul  . guru harus menjadi garda terdepan  dalam kondisi  saat ini untuk pembentukan  akhlak.  Menurut saya ada 3 poin yang harus dilakukan  guru  dalam membentuk peserta didik yang berakhlak

Guru harus memberikan Contoh tauladan

Loading...

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada istilah guru kencing berdiri siswa kencing berlari, istilah itulah yang menjadi tolak ukur guru bahwa, guru harus menynjukan keteladan yang baik terhadap siswa yang melakukan segala aktifitasnya serta memberikan contih yang baik terhadap siswa melalui etika, sopan santun, tanggungjawab seperti yang diuatarakan oleh kihajar dewantara bahwa guru itu harus ingarso sung tulodo artinya harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang orang disekitarnya. Guru sebagai  contoh keteladanan siswa, bagaimanapun seorang siswa akan mengikuti apa kata gurunya ketika seorang guru memberikan suri tauladan yang baik terhadap peserta didik, tanpa sangsi seorang peserta didik akan menjalankan apa yang diperintahkan oleh seorang guru. Seperti sederhananya seorang guru yang  mengajak peserta didiknya untuk menjalankan ibadah sholat dhuhur , seorang guru mengajak seorang siswa dengan sudah memakai pakaian yang sopan rapi berpakaian ibadah menunjukan siap untuk melakukan sholat duhur, artinya yang dilakukan oleh guru yaitu tindakan dengan mengajak, bukan hanya menyuruh saja.

Guru harus memberikan motivasi lebih

Tugas guru bukan hanya mengajar mata pelajaran tertentu kemudian meninggalkan kelas dan selesai, tap tugas guru yang lebih penting adalah dengan cara memotivasi peserta didik agar menjadi generasi yang mempunyai akhlak yang baik. Dalam hal ini guru harus menerapkan nilai nilai motivasi terhadap peserta didik karana peserta didik merupakan aset terbesar bangsa indonesia yang harus di bimbing serta diaarahkan yang lebih baik dan bijaksana. Guru harus melakukan kegiatan motivasi kepada anak disetiap pembelajaran seperti yang disampaikan oleh (Dalyono 2005 : 55) motivasi adalah daya penggerak/pendorong untuk melakukan sesuatu pekerrjaan yang berasal dari dalam diri dan juga dari luar. Jadi snagat penting sekali seorang guru harus menyampaikan motivasi kepada siswa baik sebelum belajar maupun sesudah belajar dikelas.

Guru harus menjadi fasilitator lebih

Peserta didik merupakan anak muda yang membutuhkan bimbingan serta arahan oleh orang tua untuk melakukan segala aktifitas yang dianggap dia baik. Tugas guru haruslah menjadi fasilitastor yang baik terhadap siswa dengan cara mengetahui latar belakang siswa dan sering berdiskusi dengan siswa, ketika masalah sekecil apapun yang ada dalam peserta didik seorang guru mengetahuinya dan memberikan solusi ketika permasalahn terjadi dalam diri seorang peserta didik.

Menurut saya  point inilah harus diterapkan oleh seorang pendidik karena seorang pendidik adalah titik sentral dalam mengarahkan serta membimbing akhlak, etika, budi pekerti, karna bangsa indonesia ini akan diisi oleh generasi generasi muda yang harus mempunyai aklah yang baik.(Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here