Anggaran Pilkada Kabupaten Serang, KPU Dapatkan Anggaran 75,6 Milliar

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar

Centralnews – Kab.Serang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, bersama Pemerintah Daerah setempat, menyepakati anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sebesar Rp75,6 miliar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengatakan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Serang akhirnya disetujui dengan nilai Rp. 75,6 Milliar

Persetujuan dana itu sudah ada dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

“Alhamdulillah, sesuai dengan tahapan, pada 1 Oktober 2019 kemarin, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menandatangani NPHD anggaran Pilkada sebesar Rp 75,6 miliar,” Kata Abidin, Selasa (16/10/19).

Jika dibandingkan dengan anggaran Pilkada pada 2015 ada kenaikan sekitar 50 persen dari anggaran dana Pilkada tahun ini. Hal ini dikarenakan ada tambahan pemilih yang secara otomatis akan menambah jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Loading...

“Jumlah DPT diperkirakan mencapai 1,17 pemilih, sesuai DPT Pemilu 2019. Sedangkan jumlah TPS bertambah menjadi 4.617 Tempat Pemungutan Suara (TPS), tersebar di 29 Kecamatan, 326 desa/kelurahan,” terangnya.

Menurut Abidin, anggaran Rp 75,6 miliar tersebut lebih banyak digunakan untuk bagian badan adhoc, diperkirakan butuh 36 milyar.

“Kita hitung untuk adhocnya, misalnya di kabupaten serang ini PPK ada 8 orang di kali 29 Kecamatan ada 232, sekretariat 3, belum PPS nya 326 desa di kali 6 orang ada1956 orang, kemudian KPPS nya 9 orang per TPS, kalau di hitung sudah berapa milyar,” Jelas Abidin

Selain itu, Abidin juga mengatakan  anggaran Pilkada untuk honor panitia ad hoc, mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), masih menggunakan peraturan 2013. 

“Kalau nanti Surat edaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI terkait kenaikan honorarium bagian badan adhoc untuk pemilu 2020 mendatang sudah di gunakan otomatis honornya naik, maka kami akan mengajukan penambahan anggaran, terkait hal ini kita sudah memberitahuka  Pemda Kabupaten Serang,”Jelas Abidin

Abidin juga mengatakan tahapan Pilkada 2020 sudah mulai berjalan, KPU sudah mulai mensosialisasikannya ke masyarakat.

“Kita sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat, selain itu kita juga sedang adakan sayembara pembuatan jingle dan maskot Pilkada Kabupaten Serang 2020, dengan total hadiah sebesar 46 juta, lomba ini untuk umum, dan selain itu rencananya kita akan launching Pilkada Kabupaten Serang 2020 di awal November 2019 kalau misalnya mundur mungkin di Februari 2020 mendatang,”Pungkas Abidin (Ka/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here