Sebanyak 533 Pramuka Ikuti Jambore Daerah III di Buper Cikujang Kabupaten Pandeglang

Sebanyak 533 Pramuka Ikuti Jambore Daerah III di Buper Cikujang Kabupaten Pandeglang
Sebanyak 533 Pramuka Ikuti Jambore Daerah III di Buper Cikujang Kabupaten Pandeglang

Centralnews – Pandeglang, Sebanyak 533 anggota Pramuka Penggalang dari delapan kabupaten dan kota di Banten mengikuti kegiatan Jambore Daerah (Jamda) III  di Bumi Perkemahan (Buper) Cikujang, Panimbang, Pandeglang. Kegiatan yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Banten ini berlangsung dari 26-30 Oktober 2019.

Sekretaris Kwarda Banten Satibi, Selasa (29/10/19), menjelaskan, pembukaan Jamda III digelar pada Minggu (27/10/19). Hadir pada acara ini antara lain Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, perwakilan Korem 064/Maulana Yusuf, BNN Banten, dan Balai Besar POM di Serang.

Upacara pembukaannya dipimpinan Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati. Saat memberikan sambutan, Eneng mengapresiasi Kwarda Banten yang berhasil melaksanakan kegiatan Jamda III.

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan fisik, mental, pengetahuan, disiplin, rasa tanggung jawab, serta kesetian para peserta terhadap organisasi Pramuka.

“Saya berpesan kepada peserta supaya menjaga kesehatan, persaudaraan dan ikuti seluruh kegiatan ini dengan baik. Kepada panitia, jaga keamanan, keselamatan, dan optimalkan kegiatan yang sudah direncanakan,” ujar Eneng.

Loading...

Ketua pelaksana Babay mengatakan Jamda III ini merupakan kegiatan pertemuan besar Pramuka Penggalang dalam bentuk rekreatif dan edukatif.

Sebanyak 533 Pramuka Ikuti Jambore Daerah III di Buper Cikujang Kabupaten Pandeglang

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, dan komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma,” katanya.

Dalam laporannya, Babay menjelaskan, total perserta yang mengikuti Jamda III ini mencapai 533 orang. Mereka  berasal dari delapan kabupaten/kota se-Kwarda Banten. Masing-masing Kwarcab mengirim sebanyak 64 peserta dan 8 anggota dewasa.

Menurut Babay, Jamda ini memberikan teori dan praktik aplikatif kekinian dalam berbagai bidang keterampilan seperti robotik, sinematografi dan internet sehat.

“Selain itu, diberikan pula “global development village” dan “life skill” sebagai bekal keterampilan Pramuka Penggalang yang akan menjadi pemimpin Indonesia di masa yang akan datang,” terangnya.(Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here