Dihapuskan Gusdur, Jokowi Hidupkan Kembali Posisi Wakil Panglima TNI

Foto: net, Ilustrasi TNI.

Centralnews – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaktifkan kembali posisi wakil panglima TNI. Hal ini ditunjukkan dengan ditandatanganinya Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Hidupnya kembali posisi tersebut seiring dengan langkah Jokowi meneken Peraturan Presiden (Perpres) 66/2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia yang ditandatangani pada 18 Oktober 2019 lalu.

Sebelumnya, posisi Wakil Panglima TNI dihapuskan oleh oleh Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Dalam salinan Perpres yang diterima CNBC Indonesia dan dikutip oleh Centralnews.co.id, Kamis (7/11/2019), posisi wakil panglima berada langsung di bawah panglima TNI selaku unsur pimpinan, sesuai dalam pasal 13 ayat (1) huruf a.

Jabatan wakil panglima TNI, disebutkan dalam Perpres tersebut merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas atau Tri Matra Terpadu yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada panglima TNI.

Loading...

Masih mengutip dari CNBC Indonesia, Adapun tugas wakil panglima TNI sebagaimana diatur dalam pasal 15 ayat (2) terdiri dari empat hal.. Pertama, membantu pelaksanaan tugas harian Panglima TNI.

Pertama, membantu pelaksanaan tugas harian Panglima TNI. Kedua, memberikan saran kepada Panglima TNI terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur, doktrin, strategi militer, serta pembinaan TNI.

Ketiga, melaksanakan tugas panglima TNI apabila berhalangan sementara atau tetap. Terakhir, wakil panglima TNI akan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh panglima TNI. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here