Jokowi Tegaskan Nama-nama Dewan Pengawas KPK Masih Digodok

Centralnews – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, nama-nama yang akan dipilih menjadi ketua dan anggota Dewan Pengawas KPK masih dalam masa penggodokan.

“Nanti masih bulan Desember (pelantikannya), masih digodok di tim internal. Nanti kalau sudah (diputuskan) kita sampaikan,” kata Jokowi kepada wartawan usai pembukaan ‘Konstruksi Indonesia 2019’ di JIExpo Kemayoran, Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/11/2019) kemarin.

Terkait isu yang beredarnya nama-nama seperti eks Ketua KPK Antasari Azhar dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Jokowi saat dikonfirmasi enggan memberi jawaban. Jokowi hanya menegaskan nama-nama untuk anggota dewan Pengawas diharapkan memiliki integritas yang tinggi.

“Masih dalam penggodokan. Tetapi kita harapkan yang ada disana memiliki integritas,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, Dewan pengawas merupakan struktur baru di KPK. Keberadaan dewan pengawas diatur dalam UU KPK hasil revisi, yakni UU 19 Tahun 2019. Masih mengutip dari Kompas.com, Ketua dan anggota dewan pengawas dipilih oleh Presiden melalui panitia seleksi. Namun, untuk pembentukan dewan pengawas yang pertama kali ini, UU mengtur bahwa Presiden menunjuk langsung. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here