Bakal Di Louncing Awal Desember, RS Kota Serang Hanya Mampu Tampung 60 Tempat Rawat Inap

Walikota Serang Syafrudin, Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi, dan beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkot Serang melakukan rapat koordinasi grand launching RSUD Kota Serang sekaligus monitoring pembangunan rumah sakit Kota Serang tahap 2 di RSUD Kota Serang

Centralnews- Serang, Setelah sempat molor beberapa bulan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang memastikan grand launching Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang dilaksanakan 3 Desember 2019 mendatang.

Kepastian ini diketahui setelah Walikota Serang Syafrudin, Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi, dan beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkot Serang melakukan rapat koordinasi grand launching RSUD Kota Serang sekaligus monitoring pembangunan rumah sakit Kota Serang tahap 2 di RSUD Kota Serang, Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Jumat (22/11/19) pagi sekitar pukul 09.30.

 Pantauan di lokasi, setelah rapat Walikota Serang Syafrudin, bersama Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi dan unsur kepala OPD melakukan monitoring ke gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang operasi bedah, dan ruangan lainnya. 

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, secara keseluruhan RSUD Kota Serang siap dilaunching, namun masih ada kekurangan-kekurangan yang harus segera dipenuhi, terutama di ruang operasi yang masih kekurangan AC. 

“Kemudian dari sisi pelayanan, penerimaan pasien rawat jalan, rawat inap, ini sudah siap semua. Hanya ada kekurangan-kekurangan ini insha Allah akan kami penuhi di 2020. Tenaga medis dan non medis lainnya sudah oke,” ujar Syafrudin, kepada awak pers.

Loading...

Ia pun mengakui RSUD belum siap untuk melayani pasien dengan BPJS. Hal ini karena pihaknya belum menjalin kerjasama dengan pihak BPJS. 

“Artinya pas launching nanti belum bisa melayani pasien BPJS,” ucap dia.

Syafrudin berharap RSUD Kota Serang menjadi rumah sakit rujukan bagi masyarakat Kota Serang yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Harapannya RSUD Kota Serang ini, bisa digunakan untuk masyarakat Kota Serang. Kemudian juga mudah-mudahan RSUD milik Kota Serang, mudah-mudahan RSUD ini menjadi rumah sakit yang diteladani oleh rumah sakti lain. Karena kami atas nama Pemkot Serang, karena rumah sakit ini satu-satunya tidak lagi bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” harapnya. 

Sementara Dirut RSUD Kota Serang dr Teja Rantri menyatakan, RSUD Kota Serang telah memiliki fasilitas layanan empat besar yakni kopsin anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis penyakit mata, dokter spesialis penyakit telinga hidung dan tenggorokan (THT), dokter spesialis penyakit syaraf, dan anatesis. 

“Pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, pelayanan penunjang medis, untuk pelayanan operasi mudah-mudahan kami bisa dilaksanakan pada triwulan pertama,” ujar Teja.

Kedepan, lanjut dia, pihaknya akan segera melengkapi kekurangan yang dianggap skala prioritas yakni terkait pelayanan OK (bedah), sarana perlengkapan laboratorium, dan perlengkapan operasi mata. 

“Untuk kesiapan tentunya kalau dari tenaga sudah 100 persen, sarana sudah 100 persen sudah siap, kecuali sarana yang secara bertahap kami penuhi,” sebut dia seraya menyebutkan, RSUD memiliki kapasitas menampung 60 tempat tidur rawat inap.  (Mamo/Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here