Di 3 Pasar Tradisional Cilegon, Harga Cabai Rawit Melonjak Tinggi

Centralnews- Cilegon, Harga cabe rawit merah yang dijual di 3 pasar tradisional di Kota Cilegon yakni Pasar Kranggot, Pasar Blok F dan Pasar Merak mengalami kenaikkan harga yang signifikan. Bahkan harga cabe rawit merah melambung hingga Rp90-100 ribu per kilogram di Pasar Kranggot, Selasa (21/01/2020).

Pedagang sayuran di Pasar Kranggot Kota Cilegon Malik Ibrohim, mengatakan, harga cabe rawit merah naik luar biasa sejak seminggu terakhir. 

“Hari ini harga cabe rawit mencapai Rp100 ribu per kilogram, dari harga normal Rp50 ribu per kilogram. Cabe rawit naik sangat cepat,” tuturnya.

Ditanya soal sebab kenaikkan, Malik mengatakan perubahan cuaca yang membuat petani banyak yang gagal panen. Tanaman cabe yang terkena hujan lebat, kata dia, menjadi busuk dan tidak mau berbuah.

“Ya karena musim hujan ini, yang seharusnya pedagang mendapat setoran 20 kg sekarang jadi hanya 5 kg,” jelasnya.

Loading...

Pedagang lainnya, Sarminah mengaku sudah tiga hari menaikan jualannya lantaran pasokan yang terbatas dan harganya yang tinggi dari pemasok. 

“Sudah tiga hari naik terus dari normalnya Rp 50 ribu sekarang sudah Rp 90 ribu. Padahal tiga hari yang lalu Rp 85 ribu, tiap hari mengalami kenaikan,” ujarnya.

Kepala UPTD Pasar Kranggot Aceng Syarifudin mengatakan, kenaikkan harga cabe rawit merah yang terjadi di Pasar Kranggot rata-rata disebabkan oleh cuaca yang sedang musim hujan.

Dirinya mengatakan, petani banyak yang mengalami gagal panen karena pohon cabe busuk. “Memang mengalami kenaikan dihari kemarin sekitar Rp 90 ribu perkilo. Setiap hari kami lakukan survey di kepada pedagang, semua mengalami kenaikkan harga, jika dirata-rata dari beberapa pedagang tersebut kenaikannya sebesar 20 %,” terangnya.

Aceng mengatakan kenaikan harga cabe rawit merah selain dari cuaca yang kurang bersahabat ada faktor lainnya. 

“Seperti menghadapi Imlek, selain cabe harga komoditas sayur mayur juga mengalami kenaikan,” ujarnya.

Aceng menambahkan bahwa terdapat 10 agen yang memasok cabe rawit merah untuk para pedagang yang ada di Pasar Kranggot. 

“Untuk pasokan, kalau cabe merah dan sayur mayur dari Caringin Bogor dan juga Pasar Tanah Tinggi. Agen ada sekitar 10. Untuk kebutuhannya sekitar kurang lebih 10 ton perhari,” tandasnya. 

Adapun kenaikkan harga caberawit di masing-masing pasar yakni di Pasar Kranggot harga cabe rawit merah yang semula Rp50 ribu per kilogram naik menjadi Rp90 ribu per kilogram.

Lalu di Pasar Merak mengalami kenaikkan sebesar Rp42 ribu perkilo, dari Rp50 ribu naik menjadi Rp92 ribu per kilogram. Sedangkan di Pasar Blok F harga caberawit merah naik dari Rp50 ribu menjadi Rp91 ribu per kilogram. (Oki/Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here