Ruangan Isolasi Dan Pencegahan Virus Corona di Banten

Centralnews – Serang, RSUD Banten menyiapkan enam tempat tidur dan satu ruang isolasi, untuk menangani korban virus Corona jika ada yang menyerang di Provinsi Banten. Meski, hingga kini belum ada informasi warga Banten ataupun pasien yang terjangkit virus yang berasal dari Negeri Tiongkok tersebut. 

Setidaknya, ada 16 dokter yang disiagakan oleh RSUD Banten, dua dokter spesialis paru-paru dan 14 dokter umum. Mereka siaga 24 jam jika sewaktu-waktu ada korban virus Corona yang dibawa ke RSUD Banten.

Virus Corona atau Novel coronavirul (2019-nCoV) telah menyebar ke berbagai negara, seperti Kanada, Australia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Amerika, Australia hingga Thailand. Ciri&cirinya orang yang terjangkit mengalami demam, batuk dan sulit bernafas. Sejauh ini, virus corona telah menewaskan 80 orang di China dan lebih dari 2.700 orang terinfeksi.

“Masyarakat Kota Serang dihimbau untuk menggunakan masker dan melakukan pola hidup sehat. Seperti mencuci tangan sebelum makan dan sesudah melakukan aktifitas lainnya,” kata Walikota Serang, Subadri Ushuluddin, Wakil Walikota Serang, ditemui diruangannya, Senin (27/01/2020).

Dia menjelaskan bahwa gejala virus Corona mirip dengan flu dan demam, terlebih saat cuaca hujan seperti ini, akan banyak masyarakat yang mengalami gejala flu, batuk dan meriang. Karenanya, dia menghimbau agar masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan warga sekitar.

Loading...

“Masyarakat saya minta berhati-hati saat berdekatan dengan satwa liar ataupun orang yang mengalami gejala tersebut. Jangan panik, tetao waspada dan segera datang ke dokter jika mengalami gejala flu, batuk dan demam,” jelasnya.

Subadri pun membagikan tips kepada masyarakat untuk menghindari penularan penyakit tersebut, yang di anggapnya sesuai standar World Health Organization (WHO):

1) Memasak daging dan telur dengan matang sempurna

2) Hindari area berasap atau orang yang merokok

3) Cuci tangan setelah bersin dan batuk

4) Istirahat yang cukup

5) Segera datang ke dokter dan meminuk obat jika mengalami gejala flu, batuk, pilek dan badan terasa demam

6) Hindari kontak dengan orang terinfeksi virus Corona atau hewan liar

7) Tutupi hidup dan mulut saat batuk maupun bersin. (Yandhi/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here