Jokowi Ancam Copot TNI/Polri Jika Tak Bisa Tangani Karhutla

Foto: net. Jokowi saat memantau lokasi karhutla.

Centralnews – Jakarta, Terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis tak segan memecat anak buahnya yang tak bisa mengatasi persoalan tersebut.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2020, di Istana Negara, Jakarta, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (6/2)

“Aturannya saya ulang, khusus TNI/Polri yang wilayahnya ada kebakaran besar, hati-hati. Tegas saya sampaikan, pasti saya telepon ke Panglima, Kapolri, kalau ada kebakaran di wilayah kecil kemudian agak membesar, saya tanya Kapolda, Pangdam, Kapolres, Dandim-nya sudah dicopot belum,” ujar dia.

Jokowi berkelakar aturan yang telah disampaikan sejak 2016 soal pencopotan itu masih berlaku sampai sekarang. Hal tersebut lantaran dirinya tak bisa mencopot Gubernur sehingga  hanya bisa memerintahkan pencopotan anak buah panglima dan kapolri.

“Ini aturan main sejak 2016 dan berlaku sampai sekarang supaya yang baru-baru tahu semuanya. Karena kalau copot gubernur, bupati, wali kota enggak bisa. Bedanya di situ saja,” tuturnya. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here