3000 Warga Kota serang Masih Dolbon, Kecamatan Kasemen Paling Banyak

Centralnews- Serang, Sebanyak 3.000 masyarakat Kota Serang terbiasa melakukan  buang air besar (BAB) di kebun atau biasa disebut Dolbon (Modol di Kebon). Meski mengalami penurunan dari tahun sebelumnya,jumlah tersebut terbilang masih tinggi. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, mencatat sebanyak 3.000 keluarga yang tidak memiliki jamban dirumahnya. Dari angka tersebut Kecamatan Kasemen tercatat paling banyak masyarakatnya yang belum memiliki jamban yakni sebanyak 500 kepala keluarga.

dr. Lenny Suryani  kabid kesehatan masyarakat, Dinkes Kota Serang menyampaikan  angka tertinggi masih ada di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, mencapai 500 keluarga yang masih belum memiliki jamban.

Masih banyaknya dolbon ini juga berdampak pada timbulnya penyakit karena lingkungan yang kotor, mulai dari diare hingga stanting (masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama).

“Lingkungan kotor tentunya berdampak penyakit, diare hingga stanting karena lingkungan kotor yang berkepanjangan menimbulkan penyakit,” ungkapnya.

Loading...

Saat ini, pihaknya melakukan gerakan dua ribu jamban keluarga bersama kader-kader puskesmas, sejauh ini angka dolbon dari 2019 sudah mulai berkurang. (Mamo/Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here