Wujudkan Pasar Bersih & Sehat, Disperindag Gelar Opsih Malam

Centralnews – Lebak, Kembali Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak bekerjasama dengan  Satpol PP dan paguyuban pengelola Pasar Tradisional Rangkasbitung untuk menggelar Operasi Bersih-Bersih (Opsih). Opersi bersih tersebut berlangsung pada tadi malam.

Dalam kegiatan tersebut selain membersihkan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) di Pasar Rangkasbitung juga membersihkan saluran air pada drainase atau got-got dan lapak pedagang yang terlihat kumuh.

Dedi, Kepala Dinas dan Perdagangan Disperindag Kabupaten Lebak mengatakan, kegiatan Opsih dipusatkan ditengah tengah Pasar Rangkasbitung, sebagai salah satu upaya untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat atau para pedagang, terutama dari segi kebersihan.

“Kegiatan ini merupakan program Touring Dinas Perindusterian dan Perdaganan Kabupaten Lebak ke tiap-tiap plosok pasar daerah yang ada di wilayah Kabupaten Lebak,” ujar Dedi Kepala Dinas dan Perdagangan Disperindag Kabupaten Lebak kepada centralnews.co.id disela-sela kegiatan berlangsung, Jumat (14/2/2020) malam.

Lebih lanjut, Dedi menuturkan, kegiatan tersebut akan dilakukan secara rutin.

Loading...

“Kami akan secara rutin fokus tentang kebersihan, agar pasar tersebut terlihat bersih dan sehat, sehingga kegiatan ini diharapkan menjadikan motivasi terhadap para pedagang agar senantiasa menjaga kebersihan,” katanya.

Selain membersihkan pasar, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan Satpol PP terkait dengan tangki airnya.

“Jadi jangan sampai para pedagang ini membuang sampah sembarangan, seperti harus membuang kotoran kotoran ayam tidak tepat pada tempatnya,untuk itu saya tekankan kepada Kepala Bidang pasar agar mengadakan kegiatan seperti ini minimal dua kali dalam seminggu secara rutin,” tegasnya.

Menurutnya, program tersebut sudah tiga kali dilakukan. hanya memang jika sebelumnya tangki air dari BPBD, sedangkan saat ini dari Pol PP itu sendiri.

“Kebetulan memang pol pp sangat respon terkait dengan kegiatan Kita ini,” terangnya.

Dari program tersebut, Dedi berharap, baik para pedagang agar memang mengikuti arah kebijakan pemerintah daerah  yakni, mewujudkan pasar yang bersih dan sehat.

“Upayakan biasakan harus selalu bersih dan sehat akan seperti itu terus menerus,ya mudah-mudahan secara bertahap pedagang mengikuti dan menyadarinya itu,” harapnya. (Andri/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here