Dukung Smartcity, Krakatau IT Rencanakan Bangun Road Map

Suasana saat berlangsungnya acara penandatanganan nota kesepahaman.

Centralnews – Cilegon, Krakatau Steel Grup melalui PT. Krakatau Information Technology (KIT) berupaya mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon untuk mengembangkan konsep Smart City.

Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya pertemuan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemkot Cilegon terkait perencanaan dibangunnya Road Map yang berlangsung di Ruang Rapat Wali Kota.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala OPD di Kota Cilegon, Kapolres Cilegon, yang juga menandatangani nota kesepahaman antara, Pemerintah Kota Cilegon dengan Kepolisian Resor (Polres) Cilegon tentang Penyelenggaraan Pembinaan, Ketenteraman dan ketertiban umum, serta pemeliharaan, dan ketertiban masyarakat.

Direktur Umum (Dirut) PT. Krakatau Technology Informasi Amirul Mu’tamar mengatakan, untuk membangun road map, pihaknya mengaku berkaca pada referensi kota-kota besar yang ada di Indonesia.

“Kita lihat dan mencontoh apa yang sudah dikembangkan di tempat-tempat lain, seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Tangsel itu bisa jadi percontohan. Insyallah bisa menuju kesana,” kata Dirut PT. Krakatau Technology Informasi Amirul Mu’tamar, Rabu (11/3/2020).

Loading...

Lebih lanjut, sang Dirut menuturkan, pemanfaatan Teknologi Informasi sangat menentukan kemajuan sebuah Kota yang dikelola institusi Pemerintahannya. Menurutnya, teknologi yang menunjang konsep Smartcity salah satunya adalah keunggulan jaringan infrastruktur.

“Kunci keunggulan Teknologi Informasi terletak pada keunggulan jaringan infrastruktur, dan dukungan perangkat penunjangnya seperti CCTV, jaringan internet, dan lainnya,” kata Dirut PT. Krakatau Technology Informasi Amirul Mu’tamar.

Kesepakatan bersama yang dilakukan saat ini, harap Amirul, dapat mewujudkan percepatan pembangunan Smart City Kota Cilegon, dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi publik.

“Optimalisasi pelayanan publik berbasis IT, sehingga akan mendorong peningkatan kualitas hidup, dan pengetahuan teknologi informasi untuk masyarakat Kota Cilegon. Seperti di daerah lainnya,” tuturnya.

Dirinya mengaku, Krakatau Steel Grup memiliki kewajiban moral tersendiri untuk memajukan masyarakat, dan Kota Cilegon. Pasalnya, sistem yang terintegrasi adalah kewajiban bagi Pemerintah, atau Perusahaan-Perusahaan di era digital.

“Kesepakatan Bersama ini merupakan tindak lanjut dari keberhasilan Krakatau IT memberikan solusi IT yang dibutuhkan Pemerintah Kota Cilegon, dalam rangka penyelenggaraan test CASN/CPNS Kota Cilegon berbasis computer atau CAT (Computer Assested Technology). Mulai dari penyediaan perangkat PC, hingga instalasi network dan instalasi powern. Yang digunakan oleh sekitar 4500 peserta test,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, pada kesempatan kerjasa sama dengan PT Krakatau Information Technology dilakukan secara formal.  Hal ini lantaran antara PT. Krakatau Information Technology, dan Pemkot Cilegon, sebelumnnya sudah memiliki kerjasama.

“Sebelumnya test CPNS, dan Kependudukan, PT. KTI sudah terlibat penuh. Dan mudah-mudahan kedepan bisa kita tingkatkan,” tutur Edi.

Edi juga menambahkan, konsep Cilegon SmartCity sudah tertuang dalam Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD), namun selama ini Pemkot kesulitan menganggarkan pembangunan sebuah sebuah teknologi informasi diangka yang cukup tinggi hingga miliaran.

“Di Cilegon ini cukup sulit untuk menganggarkan diangka miliaran untuk pembangunan sebuah teknologi informasi, kecuali pembangunan fisik mungkin diwajarkan. Harus dijelaskan dulu,” jelas Wali Kota Cilegon. (Agung/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here