WH Soal Corona: Ada Miss, Didorong oleh Pertanyaan Masyarakat

Foto: net, Gubernur Banten.

Centralnews – Serang, Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) sempat mengumumkan empat warga Banten positif covid-19 melalui sebuah video di media sosial (medsos), pada Kamis 12 Maret 2020 kemarin. Para pasien baru saja pulang dari Malaysia. Kemudian sudah dibawa dan mendapatkan perawatan di RS Sulianti Suroso dan RS Persahabatan, Jakarta. 

Kini, dia mengakui kesalahannya tersebut, karena tidak berkomunikasi terlebih dahulu dengan tim Covid-19 di Kemenkes. WH mengaku dia tidak melaporkan ke tim Kemenkes yang menangani covid-19, jika ada empat warganya yang positif Corona. Kemudian, Gubernur Banten itu juga mengaku bahwa tidak berkomunikasi terlebih dahulu ke Yuri, selaku juru bicara (jubir) pemerintah terkait kasus covid-19.

“Ya ada miss, saya juga di dorong oleh pertanyaan masyarakat tentang Corona di Banten, jadi saya jelaskan, tanpa perlu menyampaikannya kepada protokol covid-19,” terangnya.

“Mungkin yang di anggap kekeliruan saya adalah ketika saya menyampaikan kepada publik, tidak disampaikan terlebih dahulu ke protokol. Selebihnya sih sama, kita menghormati protokoler itu,” kata Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) kepada sejumlah awak media yang menunggunya sedari pahi dirumah dinasnya yang berlokasi di Kota Serang, Banten, Jumat (13/03/2020).

Menurut WH, seorang gubernur sebenarnya bisa menerangkan kepada masyarakat luas jika memungkinkan, seperti yang dilakukan oleh dirinya. Meski begitu, dia mengakui telah melanggar prosedur tetap (protap) penanganan covid-19. Dimana, seluruh informasi penyakit tersebut hanya bisa di dapatkan satu pintu, melalui juru bicara Yuri, yang telah ditunjuk oleh pemerintah pusat.

Loading...

“Sebenarnya peran gubernur juga sama, dalam Undang-undang tentang kesehatan maupun protokol covid-19 juga penanganannya memang dilakukan secara bersama-sama. Tadi malem, atau kemaren, ada dinamika perkembangan yang perlu saya sampaikan ke publik, ya saya sampaikan apa adanya,” terangnya. (Yandhi/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here