Cegah Covid-19, PT. Indah Kiat Serang Akan Pekerjakan Karyawan Dirumah

Centralnews – Serang, Serangan wabah virus Corona atau Covid-19 memicu kekhawatiran sebagian besar populasi manusia, termasuk di Indonesia. Bagaimana tidak, penyakit yang menyebar melalui droplet ketika bersin dan batuk ini teridentifikasi sudah masuk ke Indonesia sejak awal Maret lalu dan sudah menyebabkan ratusan orang terinfeksi, bahkan ada yang sampai meninggal dunia.

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan sejumlah kebijakan yang kemudian mampu menekan tingkat infeksi virus ini ke masyarakat lainnya, seperti himbauan agar masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), selalu cuci tangan dengan bersih, mengisolasi di rumah masing-masing, kebijakan untuk meliburkan kegiatan pengajaran hingga rapid test yang sedang diterapkan.

Tidak terkecuali PT. Indah Kiat Pulp & Paper, Serang Mill, sebagai perusahaan yang sangat peduli akan keselamatan dan kesehatan seluruh karyawan, kontraktor serta tamu yang akan berkunjung. Langkah pencegahan penularan pun juga sudah diterapkan di dalam perusahaan inu sejak bulan Januari 2020 sebelum adanya kasus wabah Covid-19 terjadi di Indonesia.

“Disini mulai Januari memang sudah menerapkan keselamatan kesehatan seperti pemantauan suhu tubuh setiap orang yang memasuki kawasan Indah Kiat Serang dengan Thermal Camera FLIR dan thermometer, dan lain-lain,” kata Dani Bidang Humas Indah Kiat Serang, Jum’at (27/03/2020).

Lanjutnya, mereka yang terdeteksi virus Covid-19 memiliki suhu tubuh diatas normal. Ketika ada yang terindikasi virus tersebut memasuki perusahaan maka akan ditindak lanjuti dan diperiksa lebih lanjut oleh dokter klinik Perusahaan.

Loading...

“Karena penularan virus sangat mudah terjadi, pada bulan Februari perusahaan juga sudah mulai mewajibkan penggunaan masker bagi seluruh pihak yang beraktivitas, video campaign dan banner mengenai virus Covid-19 dan langkah-langkah pencegahannya, hingga penggunaan handsanitizer di setiap sudut area kerja,” ungkapnya.

Tak hanya itu, rencananya akan diadakannya Work From Home (WFH) bagi karyawan yang berdomisili di zona merah Covid-19, seperti Jakarta dan sekitarnya.

“Hingga pada bulan Maret dimana kasus pertama Covid-19 terjadi di Indonesia, Indah Kiat Serang mulai melakukan kegiatan pembersihan lingkungan area kerja dengan penyiraman disinfektan dengan menggunakan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di area perusahaan dan handsprayer di area kerja. Menerapkan prinsip-prinsip physical distancing yakni dengan menjaga jarak dengan individu lainnya dengan radius 2 meter dalam setiap aktivitas kerja dan meniadakan kegiatan yang melibatkan banyak individu dalam satu waktu,” jelas Dani.

“Serangkaian pencegahan ini tentunya dilakukan serta merta demi kesehatan dan keselamatan dari ribuan karyawan, kontraktor dan pihak pihak yang berkunjung ke Indah Kiat Serang. Pencegahan merupakan obat yang paling ampuh dan bisa kita lakukan bersama, sebelum wabah ini menjadi lebih buruk lagi,” sambungnya.

Dani mengajak seluruh masyarakat Indonesia umumnya dan Provinsi Banten khususnya untuk hidup bersih serta jaga jarak dengan tidak berkerumunan.

“Mari kita biasakan untuk hidup lebih bersih dan sehat, sementara jaga jarak fisik tanpa memutus ikatan sosial yang ada dan jaga kondisi kesehatan anda. Semoga wabah virus COVID-19 ini dapat segera berakhir dan kita semua dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasanya,” tukasnya. (Oki/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here