Sidang Isbat Akan Digelar Online, Ini Rangkaian Acaranya

Foto: net, Ilustrasi gambar.

Centralnews – Jakarta, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat melalui virtual meeting atau online. Sidang tersebut akan digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis(23/4/2020)

Hal tersebut lantaran mengingat penerapan kebijakan PSBB untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Sidang Isbat dilakukan melalui virtual meeting atau online, hal ini mengingat masih diberlakukannya kebijakan PSBB dalam menanggulangi wabah COVID 19,” kata Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, seperti dikutip dari detikcom, Kamis (23/4).

Adapun beberapa rangkaian dalam sidang tersebut ialah penjelasan mengenai posisi hilal di akhir bulan Sya’ban oleh Lembaga Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Kedua, sidang isbat yang digelar secara tertutup akan dilaksanakan setelah salat Maghrib. Di sini, tamu undangan akan mendengarkan laporan dari tim rukyah.

Loading...

Masih mengutip dari detikcom, selanjutnya ormas Islam dan tamu undangan lainnya berdiskusi bersama Kemenag untuk menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah. Setelah itu, Menteri Agama Fachrul Razi yang akan mengumumkan kepada masyarakat 1 Ramadhan 1441 Hijriah.

“Pengumuman hasil sidang isbat akan diumumkan oleh Menteri Agama didampingi oleh Wakil Menteri Agama, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ketua MUI, Dirjen Bimas Islam,” ucapnya.

Zainut menuturkan, masyarakat dapat langsung menyaksikan sidang tersebut. Pasalnya, pengumuman sidang isbat 1 Ramadhan 1441 Hijriah akan ditayangkan secara langsung secara online.

“Pengumuman hasil sidang isbat dilakukan secara langsung melalui media TV Nasional dan jaringan media sosial lainnya,” tandasnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here