Eksklusif: Mengenal Lebih Dekat Daru Harti, Business Manager Mitsubishi Serang

Business Manager Mitsubishi Serang Daru Harti

Centralnews – Tokoh Central, Pada edisi Sabtu, 09 Mei 2020 kali ini, Tim Redaksi Centralnews Banten secara eksklusif akan berbincang bersama sosok inspiratif yang dapat memberikan motivasi bagi setiap orang. Pengalamannya dalam karir hidup, dunia usaha,  serta dirinya sebagai sosok wanita yang sukses dalam usaha otomotif tepatnya sebagai Business Manager Mitsubishi Serang. 

Berikut wawancara eksklusif kami, langsung bersama Business Manager Mitsubishi Serang Daru Harti

Mengenal lebih dekat sosok Daru Harti, berbicara profil dalam perjalan karir ibu ? Seperti apa?

Baik, saya dilahirkan di Kota Ambon, Provinsi Maluku pada 8 Maret 1974, sejak Sekolah Dasar (SD) saya sudah suka berjualan, setiap saya di beri uang saku oleh orang tua saya lebih memilih uang tersebut dibelikan buah Apel dan biskuit, saya bungkus terus dijual lagi ke teman-teman dan tetangga. Kemudian Sekolah Menengah Pertama saya di SMP 6, sedangkan Sekolah Menengah Atas  saya di SMA Negeri 4 Malang. Untuk kuliah saya ambil Strata 1 (S1) di Universitas Jember  Jawa Timur, ambil jurusan hukum.

Sejak SMP saya sudah suka ikut berorganisasi, saya mengisi waktu remaja dengan kesibukan aktif di berbagai organisasi, dan banyak mendapat kepercayaan di lingkingan temen-temen untuk memimpin di organisasi yang saya geluti, mulai dari menjadi Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS), Palang Merah Infonesia (PMI), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Senat Mahasiswa dan organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), bahkan saya juga menjabat sebagai pimpinan majalah di Kampus Universitas Jember.

Loading...

Menarik, sejak dulu ibu selain sudah suka berjualan ibu juga aktif dalam organisasi-organisasi, sekarang kita beralih ke karir ibu sekarang sebagai Business Manager Mitsubishi  Serang, Apa yang membuat ibu masuk kedalam bisnis otomotif  ini?

Saya mengawali karir ini mulai dari bawah, bahkan dari nol, setelah lulus kuliah saya langsung melamar ke Mitsubishi. Sejak 9 September 1999 saya kerja di Dealer Mitsubishi Jember sebagai sales.

Awalnya saya sempat dilarang keluarga, khususnya Bapak, katanya kerja jadi sales itu terlalu beresiko, di tambah lagi tidak sesuai dengan pendidikan yang saya ambil yaitu hukum,  selain itu juga image profesi sales mobil yang di nilai hanya cocok bagi kaum adam semata, tapi  itu semua tidak buat saya minder, justru saya nggak menyerah, dengan kegigihan, sabar dan ulet saya mampu buktikan kalau profesi yang saya pilih ini menghasilkan hal yang positif, saya mendapatkan penghasilan tiga kali lipat dari sekedar karyawan biasa pada saat itu, bahkan Alhamdulillah dalam satu tahun saya bisa naik jabatan dan juga di tahun pertama itu saya bisa pergi keluar negeri bersama Mitsubishi dan di beri kepercayaan memegang koordinator sales atau supervisor sampai akhir 2009.

Hingga pada awal 2010 saya di promosikan dan dipercaya menjadi Kepala Cabang Dealer Mitsubishi Kota Cilegon. Kemudian pada 2015 saya dipercaya menjabat sebagai Business Manager PT. Dipo Internasional Pahala Otomotif Mitsubishi Serang (Kepala Dealer Mitsubishi Serang).

Hanya Ada 1000 Unit, Pajero Sport Rockford Black Series Di Perkenalkan Di Mitsubishi Auto Show Banten

Selama berkarir di dunia bisnis otomotif ini  apa saja kiat yang harus di lakukan agar sukses di dunia bisnis ini?

Tampuk pimpinan yang dipercayakan kepada saya saat ini bukanlah hasil yang instan, tapi saya melalui proses yang panjang dan berliku. Selain itu yang menjadi kunci sekaligus jembatan untuk menuai hasil yang baik adalah dengan kerja keras, konsistensi dan disiplin. Dengan disiplin kiya bisa mengerjakan sesuatu dengan serius, dengan konsisten dan semangat inilah setiap orang punya harapan untuk meraih kesuksesan. Hal ini yang saya lakukan dan Alhamdulillah saya di beri kepercayaan untuk memegang dealer penjualan kendaraanMitsubishi Kota Serang, Malimping dan Kabupaten Lebak.

Dibalik kesuksesan ibu ini pasti ada dukungan besar dari keluarga, selama berkarir bagaiamana membagi waktunya untuk keluarga?

Sudah pasti  keluarga mendukung karir saya, suami dan anak-anak, saya mempunyau dua anak, satu orang putri dan satu putra yang sangat saya cintai. Walaupun dalam karir saya mengemban tugas cukup berat tapi saya mampu membagi waktu dengan keluarga saya. 

Alhamdulillah  anak-anak saya termasuk anak yang paham dari kecil kalau orang tuanya adalah pekerja, jadi dari kecil sudah mandiri, selain itubada juga saudara yang jaga di rumah, makanya saya bisa bekerja dengan tenang, karena anak-anak saya berada di bawah asuhan orang yang benar. Di saat akhir pekan saya selalu meluangkan waktu untuk keluarga, biasanya kita jalan-jalan, pokoknya di akhir pekan itu saya maksimalkan waktu saya untuk keluarga.

Terakhir pertanyaan saya bu, apa yang ingin ibu sampaikan kepada semua orang agar bisa menjadi sukses seperti ibu sekarang?

Berkarir di dunia kerja itu tidak harus melulu sesuai dengan pendidikan, justru jika kamu sukses berkarir di dunia yang tidak sesuai dengan pendidikan yang diambil saat kuliah menandakan kamu mampu untuk mengeksplore kemampuan diri kamu yang tidak pernah di lihat oleh orang lain.

Jika ingin mendapatkan lebih maka kita harus melakukan yang lebih, jadi jika ingin mendapatkan sesuati yang besar maka harus mengerjakan pekerjaan yang besar. Harus selalu kerja keras, konsisten dengan apa yang dikerjakan dan disiplin dalam mengerjakannya, dengan hal itu kita bisa meraih kesuksesan. (Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here